12 Perampok Nasabah Bank Berhasil Ditangkap

Mayoritas Pelaku dari Makassar

12 Perampok Nasabah Bank Berhasil Ditangkap
12 Perampok Nasabah Bank Berhasil Ditangkap

jpnn.com - MANADO - Komplotan perampok nasabah bank berhasil ditangkap jajaran Polresta Manado. Total, sebanyak 12 pelaku yang ditangkap.

Yaitu Hasanudin alias Alo (40), Ridwan alias Rido (26), Malik alias Jaya (45), AB alias Akbar (25), IM alias Ismail (32), BS alias Basri (38), SS alias Samsudin (73, SU alias Sadam (21), ZM alias Zulkifli (19) yang semuanya berasal dari Makassar, Sulsel. Dua tersangka lagi adalah AL alias Ahmad (26) dan IR alias Irfan (24) berasal dari Bitung.  

"Tiga tersangka, yakni Hasanudin, Ridwan dan Malik yang disinyalir sebagai pimpinan gerombolan harus dilumpuhkan (ditembak) karena berusaha melarikan diri ketika ditangkap. Kami juga menyita barang bukti berupa kunci T dan dua badik, serta mengamankan keluarga para tersangka di Mapolresta, sekira pukul 17.30 Wita, tadi (kemarin)," beber Kasat Reskrim Polresta Manado AKP Made Dewa Palguna, kemarin (4/6).

Dia menyampaikan, penangkapan dilakukan sejak Selasa (3/6) hingga Rabu (4/6) sore di dua lokasi berbeda, yaitu Terminal Malalayang dan di Desa Tiwoho, Wori.

"Pertama kami menangkap empat tersangka bersama tiga perempuan di Terminal Malalayang. Kemudian petugas melakukan pengembangan dan menangkap tujuh tersangka lainnya yang tinggal di salah satu rumah warga di Tiwoho," ungkapnya.

Palguna mengatakan, sebelum menjalankan aksinya, gerombolan perampok dibagi beberapa orang dan mengawasi setiap bank yang ada di Manado. Satu pelaku di dalam bank dan dua atau tiga pelaku menunggu di luar.

"Setelah korban keluar bank, para pelaku langsung membuntuti dan jika berhenti, terjebak macet atau di lampu merah, mereka langsung membocorkan ban mobil korban dengan besi modifikasi yang memiliki lubang di tengah sehingga ban kempis perlahan. Saat itu lah mereka langsung beraksi dengan memecahkan kaca mobil atau merusak pintu mobil kemudian mengambil uang korban," beber Palguna.

Para pelaku selalu mempersenjatai diri dengan badik saat beraksi, dan mereka tak segan-segan melukai korban, jika ketahuan.

MANADO - Komplotan perampok nasabah bank berhasil ditangkap jajaran Polresta Manado. Total, sebanyak 12 pelaku yang ditangkap. Yaitu Hasanudin alias

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News