12 Tahun Mengabdi, Akpol 2010 Hibur Penghuni Panti Jompo

12 Tahun Mengabdi, Akpol 2010 Hibur Penghuni Panti Jompo
Alumni Akademi Kepolisian (Akpol) 2010 Rinaksa Sakalamandala mengajak penghuni panti jompo Pusaka 41 Al Madiniyah Cengkareng ke Jakarta Aquarium, Jakarta Barat, Minggu (18/12). Foto: Akpol 2010

jpnn.com, JAKARTA - Alumni Akademi Kepolisian (Akpol) 2010 Rinaksa Sakalamandala mengajak penghuni panti jompo Pusaka 41 Al Madiniyah Cengkareng ke Jakarta Aquarium, Jakarta Barat, Minggu (18/12). Rangkaian kegiatan sosial ini digelar dalam rangka peringatan 12 tahun pengabdian.

Kegiatan wisata bersama ini ialah wujud kepedulian kepada masyarakat yang hidup di bawah garis kemiskinan. Kegiatan Akpol 2010 ini juga sebagai implementasi komitmen Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo agar para anggota dekat dengan masyarakat.

“Kami dengar ada lansia yang ditinggalkan begitu saja di pagar panti oleh anaknya. Tetapi kami salut, sebagian dari mereka masih ada semangat hidup dengan berjualan uli, mengumpulkan botol plastik bekas. Makanya kami mengadakan acara yang membuat para orang tua ini terhibur, karena mereka hampir tidak pernah ke luar panti untuk rekreasi,” kata Ketua Angkatan Akpol 2010 B Kompol Reza Fahlevi dalam keterangannya.

Reza menjelaskan pihaknya berkolaborasi dengan komunitas wartawan Mabes Polri, Jurnalis Trunojoyo, untuk membuat kegiatan sosial yang sedikit berbeda dari biasanya. Dengan berwisata bersama, Reza berharap rasa terbuang dan kesepian para lansia ini terobati.

“Kami ingin menghibur mereka juga, yakni para anak-anak dan penyandang disabilitas sebanyak 80 anak-anak ini dengan menghadirkan badut sulap. Dan para lansia, kami, dan para istri (Bhayangkari) menemani berkeliling di Jakarta Aquarium. Kami ajak healing,” ucap Reza.

Untuk diketahui, sebelum wisata bersama penghuni panti jompo, puluhan alumni Akpol 2010 yang berdinas di wilayah hukum Polda Metro Jaya menggelar acara syukuran dengan doa bersama lalu potong tumpeng di Aula Sekretariat RW 05 Cengkareng Timur, Cengkareng, Jakarta Barat, Jalan Nurul Amal Nomor 9.

Saat acara syukuran, hadir 30 penghuni panti jompo, 20 anak disabilitas binaan Yayasan Al-Madiniyah, dan 60 anak yatim piatu binaan Yayasan Al-Madiniyah.

Para alumni beserta pasangannya turut blusukan ke gang-gang di sekitar lokasi acara untuk membagikan sembako kepada warga kurang beruntung.

Kegiatan wisata bersama ini ialah wujud kepedulian alumni Akpol 2010 kepada masyarakat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News