Kamis, 25 April 2019 – 03:00 WIB

13 Lagu Berbahasa Inggris Dibatasi Pemutarannya di Jawa Barat

Selasa, 26 Februari 2019 – 12:24 WIB
13 Lagu Berbahasa Inggris Dibatasi Pemutarannya di Jawa Barat - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - Sebanyak 13 lagu berbahasa Inggris dibatasi penyiarannya di kawasan Jawa Barat dan sekitarnya. Hal tersebut menyusul surat edaran yang diduga dikeluarkan oleh Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Provinsi Jawa Barat.

Surat edaran tersebut kini ramai dibahas di media sosial. Beberapa musikus pun ikut mengomentari pembatasan siaran lagu-lagu berbahasa Inggris di Jawa Barat. Salah satunya ditanggapi oleh Jerinx, personel band Superman Is Dead dan juga Arian 13, vokalis Seringai.

"Di Jawa Barat, lagu-lagu berbahasa Inggris akan dibatasi di radio, ditetapkan 18 Februari 2018. Baru ditetapkan sih. Mungkin nunggu RUU Permusikan sah jadi UU baru dieksekusi. Belum ada RUU Permusikan saja sudah ada regulasi fasis macam ini," tulis Jerinx SID lewat akun Instagram miliknya @jrxsid, Selasa (26/2).


Daftar lagu yang dibatasi peredarannya di kawasan Jawa Barat, dan sekitarnya.

"Di Jawa Barat, lagu-lagu berbahasa Inggris mau dibatasi di radio, ditetapkan 18 Februari 2018," komentar Arian 13 lewat akun Twitter @aparatmati.

Dari file yang beredar, surat edaran KPI Jawa Barat tersebut terdiri dari tiga lembar. Pada bagian atas tertulis Surat Edaran Nomor: 480/215/IS/KPID-JABAR/II/2019 Tentang Pembatasan Siaran Lagu-Lagu Berbahasa Inggris. Sejumlah poin yang menjadi pertimbangan adanya pembatasan siaran lagu berbahasa Inggris juga ditulis di sana.

"Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Provinsi Jawa Barat menetapkan 'bahwa lagu-lagu berbahasa Inggris yang sebagaimana terlampir pada Surat Edaran ini, baik dalam bentuk lagu, video klip, dan/atau sejenisnya hanya dapat disiarkan dan/atau ditayangkan pada lembaga penyiaran yang ada di wilayah layanan Jawa Barat dalam klasifikasi waktu Dewasa (D) mylai pukul 22.00 WIB sampai pukul 03.00 WIB," bunyi surat edaran tersebut.

Terdapat keterangan lokasi dan tanggal penepatan surat edaran di bagian bawah surat. Ada pula nama dan tanda tangan Ketua KPI Jawa Barat Dr Dedeh Fardiah M.Si.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar