15 Hp Android tak Bisa Buka Youtube hingga Gmail Mulai Pekan Depan, Buruan Dicek!

15 Hp Android tak Bisa Buka Youtube hingga Gmail Mulai Pekan Depan, Buruan Dicek!
Ilustrasi HP dengan OS Android. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - Google mengumumkan menghentikan dukungan pada seluruh layanannya yang dipasang di handphone (hp) dengan sistem operasi Android 2.3.7 ke bawah.

Imbasnya, pengguna hp Android yang dimaksud tidak bisa lagi mengakses layanan Google, seperti Youtube, Maps, hingga Gmail.

Google menyebut kebijakan tersebut untuk melindungi keamanan akun pengguna.

Pasalnya, sistem operasi Android lama berpotensi memiliki kerentanan yang belum ditambal, sehingga bisa membahayakan akun pengguna.

Dengan tidak lagi mendapat dukungan Google, maka pengguna hp Android dengan OS lama yang ingin masuk ke layanan Google akan ada kesalahan nama dan password.

Penarikan dukungan Google tersebut akan dimulai pada pekan depan.

"Jika perangkat masuk setelah 27 September, Anda mungkin mendapatkan kesalahan nama pengguna atau password saat mencoba menggunakan produk dan layanan Google," bunyi pernyataan Google.

Bagi pemilik Android lama yang tetap pengin mengakses layanan Google, disarankan untuk secepatnya melakukan pembaruan sistem operasi (OS), seperti Android 3.0 ke atas.

Google mengumumkan penghentian dukungan pada seluruh layanannya, seperti Youtube, Maps, hingga Gmail di hp Android lama atau versi 2.3.7 ke bawah.