150 Siswa SMA Bakal Belajar Bersama Maestro

150 Siswa SMA Bakal Belajar Bersama Maestro
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan (kiri) dan Dirjen Kebudayaan Kemendikbud Hilmar Farid di Kantor Kemendikbud, Jakarta. FOTO: Mesya Mohamad/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 2016 kembali mengadakan kegiatan unggulan Belajar Bersama Maestro (BBM). Tahun lalu, Kemdikbud berhasil mengajak 10 Maestro Seni Indonesia untuk berbagi ilmu kepada 80 siswa-siswi SMA/SMK dari berbagai daerah di Indonesia. 

Dirjen Kebudayaan Hilmar Tariq mengungkapkan, kegiatan BBM merupakan upaya strategis dalam penguatan jati diri dan pembangunan karakter bangsa melalui pembelajaran seni budaya kepada generasi muda.  Melalui  BBM, para siswa akan mendapatkan kesempatan untuk menyerap pengalaman dan ilmu pengetahuan yang dimiliki para Maestro. 

“Pada akhir masa belajar, para siswa akan melakukan pertunjukan dan pameran bersama Maestro (hasil pembelajaran dari Maestro)," ujar Hilmar, Senin (16/5).

Dia menambahkan, maksud dan tujuan dari penyelenggaraan kegiatan BBM antara lain membangkitkan dan meningkatkan wawasan siswa terhadap seni budaya, menyerap pengetahuan serta keahlian dari maestro secara langsung. Selain itu, pelajar menghargai proses berkesenian dari seorang maestro, memberi motivasi untuk berprestasi di bidang seni, dan membentuk karakter bangsa secara umum.

Peserta kegiatan BBM tahun 2016 berasal dari siswa/siswi SMA/SMK swasta dan negeri kelas X dan XI. 

“Target peserta BBM tahun ini sebanyak 150 siswa, melalui proses seleksi administrasi dan seleksi karya,” katanya.(esy/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News