17 Jenis Penyakit Ancam Warga Miskin

17 Jenis Penyakit Ancam Warga Miskin
17 Jenis Penyakit Ancam Warga Miskin
JAKARTA--Menteri Kesehatan (Menkes) Nafsiah Mboi menyatakan, pemerintah saat ini tengah menangani penanggulangan Neglected Tropical Disease (NTD) atau Penyakit Tropis Terabaikan.

NTD dapat menyebabkan masalah kesehatan, kerugian ekonomi dan menimbulkan dampak negatif terhadap pengembangan sumber daya manusia kesehatan.

"WHO menyatakan penanggulangan NTD sudah saatnya masuk program prioritas pemerintah. Karena NTD memiliki dampak serius yang mengakibatkan kelaparan, kemiskiskan dan kebodohan serta kehilangan pekerjaan," terang Nafsiah dalam Seminar ASEAN Neglected Tropical Disease (NTD) di Grand Sahid Hotel, Jakarta, Jumat (28/9).

Menurut laporan WHO tahun 2010, Nafsiah menyebutkan ada sebanyak 17 jenis NTD yang menyebabkan penderitaan dan kecacatan pada masyarakat miskin. Diantaranya, Limfatik Filariasis, Kusta, Yawas, Demam Berdarah Dengue (DBD), Rabies, Leptospirosis, Cikungunya, Japanese Encephalitis, Schistosominasis, Soil Transmitted Helminthiasi, Malaria dan lain sebagainya.

JAKARTA--Menteri Kesehatan (Menkes) Nafsiah Mboi menyatakan, pemerintah saat ini tengah menangani penanggulangan Neglected Tropical Disease (NTD)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News