JPNN.com

17 Nama Tokoh Muda di Bursa Calon Menteri, Ada Bos Bukalapak

Senin, 08 Juli 2019 – 14:13 WIB 17 Nama Tokoh Muda di Bursa Calon Menteri, Ada Bos Bukalapak - JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Nama - nama tokoh muda yang dianggap layak menjadi menteri di Kabinet Jokowi - Ma'ruf sebenarnya sudah bermunculan sejak Maret lalu.

Saat itu, lembaga survei Arus Survei Indonesia (ASI) merilis nama tokoh-tokoh muda yang layak dipertimbangkan menjadi calon menteri. Nama-nama itu didapat dari hasil survei terhadap 110 pakar dari berbagai bidang. Mulai akademisi, parpol, ormas, mahasiswa, kalangan profesional, budayawan, hingga praktisi pemerintahan.

’’Nama-nama mereka masih relevan untuk diusulkan saat ini kepada presiden,’’ terang Direktur eksekutif ASI Ali Rif’an saat dikonfirmasi, Minggu (7/7).

Dari kalangan profesional, Wagub Jatim Emil Elestianto Dardak berada di posisi teratas usulan para pakar. Sedangkan dari parpol, nama tokoh Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono berada di puncak usulan.

Dalam surveinya, dia meminta para pakar menilai lima aspek. Integritas dan rekam jejak, kompetensi dan kapabilitas, inovasi dan kreativitas, komunikasi publik dan pengaruh sosial, serta aspek manajerial dan kemampuan memimpin. Tokoh yang mendapat nilai rata-rata tertinggilah yang direkomendasikan menjadi bahan pertimbangan Jokowi - Ma’ruf.

BACA JUGA: Willy Sebut Beberapa Politisi ke Dukun, pakai Klenik Agar jadi Menteri

Menurut Ali, untuk masuk di kabinet tidak sekadar butuh kecakapan dan integritas. Lebih dari itu, ada faktor-faktor lain yang perlu menjadi pertimbangan. ’’Misalnya apakah presiden nyaman atau tidak, atau partai koalisi nyaman atau tidak,’’ lanjutnya.

Faktor kenyamanan menjadi penting karena menteri akan bekerja dan berinteraksi dengan presiden selaku user. ’’Jangan sampai ini orang berprestasi, punya kompetensi, tapi nanti justru kontraproduktif ketika ditarik di kabinet,’’ tutur Ali.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
tomo