188 WNI Awak Kapal World Dream Negatif Corona

188 WNI Awak Kapal World Dream Negatif Corona
Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan Achmad Yurianto (kanan). Aristo Setiawan/jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan Achmad Yurianto menyebut pihaknya telah melakukan pemeriksaan medis kepada 188 WNI awak kapal World Dream. Hasil pemeriksaan, 188 WNI awak kapal World Dream terkonfirmasi negatif virus corona.

"Jadi, yang 188 ABK kapal World Dream sudah selesai kami periksa semua dan seluruhnya negatif," kata Yurianto di kantor Kemenkes, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Selasa (3/3).

Yurianto menjelaskan, 188 WNI itu tetap menjalani observasi meskipun telah dinyatakan negatif corona. Sesuai rencana, 188 WNI itu akan diobservasi di Pulau Sebaru.

Sementara itu, Yurianto menyebut, pihaknya juga telah memeriksa medis 69 WNI awak kapal Diamond Princess. Dari 69 itu, sebanyak 67 dinyatakan negatif dan dua masih perlu pemeriksaan lanjutan.

"Dari 69 spesimen yang sudah kami terima, kami masih melakukan pendalaman untuk dua spesimen yang belum. Berarti dari 69, sudah ada 67 yang sudah jelas negatif," kata dia.

Sebelumnya, pemerintah telah mengevakuasi 188 warga negara Indonesia (WNI) dari kapal pesiar World Dream di Hong Kong. Staf Khusus Bidang Sosial Kepresidenan Angkie Yudistia mengungkapkan 188 WNI itu telah berada di Pulau Sebaru, Kepulauan Seribu, Sabtu (29/2) guna menjalani observasi kesehatan.

"Alhamdulillah, saudara-saudara kita telah tiba di Indonesia sejak proses evakuasi dari Jepang kemarin. Ada 188 WNI dari kapal pesiar World Dream yang dievakuasi dan saat ini tengah menjalani masa observasi di Pulau Sebaru," kata Angkie, Sabtu (29/2). (mg10/jpnn)

Yurianto menjelaskan,188 WNI itu tetap menjalani observasi meskipun telah dinyatakan negatif corona.


Redaktur & Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News