Istana Melibatkan TNI-Polri untuk Riset Komprehensif Virus Corona

Istana Melibatkan TNI-Polri untuk Riset Komprehensif Virus Corona
Virus Corona. Foto: istimewa

jpnn.com, JAKARTA - Juru Bicara Presiden Bidang Sosial Angkie Yudistia mengatakan Istana melibatkan TNI-Polri untuk meriset secara komprehensif virus Corona.

Hal ini untuk memetakan sekaligus mencari solusi secara cepat penanganan virus yang berasal dari Tiongkok itu.

"Pemerintah selalu melakukan pendataan di lapangan melalui tim gabungan TNI-Polri, sipil untuk melakukan riset komprehensif terkait COVID-19 bagi warga kita secara menyeluruh di Indonesia dan WNI yang berada di luar negeri melalui KBRI di negara masing-masing. Sehingga jika terjadi hal-hal yang berkaitan dengan langkah penanganan virus ini, bisa dilakukan dengan cepat dan terukur," kata Angkie dalam keterangan yang diterima, Selasa (3/2).

Angkie melanjutkan, pemerintah sudah mendeteksi dua WNI, yaitu seorang ibu dan anaknya, terjangkiti virus Corona. Saat ini, keduanya menjalani perawatan di RSPI Sulianti Saroso, Jakarta Utara secara intensif.

Menurut Angkie, RSPI Sulianti Saroso merupakan satu dari tiga rumah sakit rujukan nasional yang memang sejak awal sudah disiapkan untuk menangani virus Corona. Dua lainnya adalah RSPAD Gatot Subroto dan RS Persahabatan.

"Total ada 100 rumah sakit di seluruh Indonesia yang disiapkan untuk penanganan coronavirus. Pemerintah sangat serius dalam menghadapi wabah penyakit yang menurut data Badan Kesehatan Dunia, WHO, merupakan penyakit dengan level tertinggi dalam skala global," kata dia.

Selanjutnya, terkait teknis penanganan akan disampaikan oleh pihak kementerian kesehatan. Istana akan terus memantau perkembangan penanganan terhadap dua WNI yang saat ini sudah berada di RSPI Sulianto Saroso.

"Kami berupaya semaksimal mungkin agar penanganan berjalan lancar dan pasien yang sedang menjalani perawatan bisa sembuh," kata dia.

Pemerintah sejak awal sudah menyiapkan 100 rumah sakit untuk mengantisipasi penyebaran virus corona.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News