1.907 Target Mobil Internet

1.907 Target Mobil Internet
1.907 Target Mobil Internet
SURABAYA - Kementrian Komunikasi dan Informatika (kominfo)  terus berupaya menaikan penetrasi penggunaan internet di Indonesia. Caranya melalui penyebaran 1.907 unit Mobil Pelayanan Internet Kecamatan (MPLIK) keseluruh wilayah nusantara. Sejak dilucurkan pada tahun lalu hingga kini tercatat sudah dioperasikan 1.600 unit. Sedangkan penetrasi internet saat ini sudah mencapai 20 persen dari total populasi.

Kementrian Kominfo mengungkapkan bahwa upaya peningkatan penggunaan internet di Indonesia adalah menggelar sosialisasi melalui penyediaan akses internet hingga level kecamatan. Apalagi untuk kawasan Indonesia Timur yang infrastruktur penyediaan internet masih kurang. Ditambah dengan kondisi Indonesia yang merupakan negara kepuluan, maka penyediaan internet merupakan tantangan tersediri. Ketua BP3TI (Balai Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika)  Santoso mengatakan penetrasi Internet di Indonesia saat ini masih sekitar 20 persen dari total penduduk di Indonesia. Artinya saat ini masyarakat yang mengenal internet baru mencapai 40 juta pengakses.

"Jumlah tersebut akan terus ditingkatkan, salah satu upaya kami adalah menyediakan akses di tiap kecamatan, melalui program MPLIK" ujar Santoso.

Sebanyak 40 Mobil Pelayanan Internet Kecamatan (MPLIK) yang diberangkatkan ke Bitung ini nantinya akan mengcover wilayah  Bitung, Provinsi Sulawesi Utara. "Tahun lalu, pemerintah pusat telah menyerahkan 105 mobil diserahkan ke Sulsel, dan dengan pengiriman ini maka sudah 1.600 MPLIK terkirim," ujar Santoso.

Diakui bahwa menyediakan layanan Internet di seluruh Indonesia, bukanlah hal yang mudah.

SURABAYA - Kementrian Komunikasi dan Informatika (kominfo)  terus berupaya menaikan penetrasi penggunaan internet di Indonesia. Caranya melalui

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News