192 Caleg di DCS Sembunyikan Riwayat Hidup

PPP di Peringkat Teratas

192 Caleg di DCS Sembunyikan Riwayat Hidup
192 Caleg di DCS Sembunyikan Riwayat Hidup
JAKARTA - Posko pengaduan masyarakat Koalisi Amankan Pemilu (KAP) 2014 menemukan 192 nama dalam Daftar Calon Sementara (DCS) anggota legislatif 2014 yang tidak bersedia daftar riwayat hidup mereka dipublikasikan. Jumlah ini melampaui temuan KPU yang hanya berjumlah 140 nama.

Menurut wakil Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) di KAP 2014, Veri Junaedi, dari 192 nama itu 160 di antaranya berasal dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Disusul Gerindra (14 nama), Golkar (7 nama), Partai Kebangkitan Bangsa (5 nama), serta Demokrat dan Hanura masing-masing 2 nama.

“Posko pengaduan juga menerima 10 masukan dari masyarakat. Masukan tersebut terkait dugaan masih adanya caleg ganda, kuota perempuan yang tidak dipenuhi, caleg yang belum mengundurkan diri dari jabatan sebelumnya baik itu sebagai PNS maupun kepala daerah dan dugaan korupsi oleh beberapa caleg,” katanya di Jakarta, Kamis (27/6).

Sementara menurut wakil Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR) di KAP, Sunanto, berdasarkan aduan masyarakat terdapat sejumlah pengaduan yang tidak hanya terkait DCS untuk DPR RI, namun juga DCS untuk kursi DPRD provinsi maupun kabupaten/kota. Di antaranya terdapat aduan yang menyebut seorang PNS atas nama Lukman Wafi, belum mengundurkan diri. Ia tercatat sebagai Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) di Kabupaten Bojonegoro.

JAKARTA - Posko pengaduan masyarakat Koalisi Amankan Pemilu (KAP) 2014 menemukan 192 nama dalam Daftar Calon Sementara (DCS) anggota legislatif 2014

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News