197 Anak Divaksin Ulang

197 Anak Divaksin Ulang
197 Anak Divaksin Ulang

jpnn.com - JAKARTA – Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) juga turut menelusuri distribusi vaksin palsu di daerah. Dari hasil penyelidikan itu ada 37 Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Fasyankes) yang tersebar di sembilan provinsi yang diduga kuat menggunakan vaksin abal-abal. Lantaran mereka mendapatkan vaksin dari sumber tidak resmi.

Sembilan daerah itu antara lain Pekanbaru, Palembang, Bandar Lampung, Serang, Bandung, Surabaya, Pangkal Pinang, Batam, dan DKI Jakarta. BPOM masih belum mau mengungkap jumlah fasyankes di masing-masing kota dan propinsi itu lantaran masih dalam penelitian lebih lanjut.

Direktur Pengawasan Distribusi Obat BPOM Arustiono menuturkan dari 37 fasyankes itu mereka mendapatkan 39 jenis sampel uji. Hingga kini mereka baru bisa memastikan lima sampel. Empat sampel vaksin yang dipastikan palsu. Selain itu satu sampel lain sejak awal dipastikan palsu karena labelnya tidak sesuai.

”Sebanyak 39 sampel itu kami anggap cukup representatif. Sampel lain masih kami teliti,” ujar Arustono usai rapat koordinasi satuan tugas penanggulangan vaksin palsu di kantor Kementerian Kesehatan, Jalan Rasuna Said Jakarta kemarin (12/7).

Penanganan vaksin palsu itu melibatkan pula Kemenkes dan Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dirtipideksus) Bareskrim Polri. Setelah memastikan fasyankes menggunakan vaksin palsu, Kemenkes langsung bergerak untuk melakukan pendataan. Mereka pun menemukan sedikitnya 197 anak-anak yang mendapatkan vaksin palsu dari sebuah klinik di Ciracas, Jakarta Timur. Jadi, masih ada 36 fasyankes lain yang dipastikan penggunaan vaksin palsu serta jumlah korbannya. 

Direktur Jenderal Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kemenkes Maura Linda Sitanggang menyebutkan bahwa mereka akan mengadakan vaksin ulang pada anak-anak tersebut pekan depan. Vaksin itu diberikan secara gratis. ”Ada 197 anak itu terdata sejak 2010. Jadi sudah enam tahun ini,” ujar Linda.

Penelitikan terhadap 36 fasyankes lainnya masih terus diupayakan. Mereka juga meneliti kondisi anak-anak di kawasan sekitar fasyankes tersebut. Misalnya adakah kejadian luar biasa yang berkaitan dengan menurunnya daya imunitas anak terhadap penyakit atau tidak. ”Secara makro kalau tidak ada KLB tidak masalah,” kata Linda.

Semantara itu, Bareskrim Mabes Polri menengarai dua rumah sakit baru yang terlibat dalam distribusi vaksin palsu. Sebelumnya sudah ada 12 rumah sakit. 

JAKARTA – Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) juga turut menelusuri distribusi vaksin palsu di daerah. Dari hasil penyelidikan itu ada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News