1.998 Jemaah Haji Asal Aceh Tiba di Tanah Air, 4 Meninggal Dunia di Arab Saudi

1.998 Jemaah Haji Asal Aceh Tiba di Tanah Air, 4 Meninggal Dunia di Arab Saudi
Jemaah haji kloter enam debarkasi Aceh tiba di Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang, Aceh Besar, Senin (1/8). Foto: ANTARA/HO-PPIH Debarkasi Aceh

jpnn.com, BANDA ACEH - Sebanyak 1.998 orang yang terbagi dalam enam kelompok terbang (kloter) asal Aceh telah kembali ke tanah air.

Koordinator Humas dan Penerangan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Aceh Tajri bin Yakub pada Senin (1/8) malam mengatakan jemaah haji Aceh yang terakhir tiba di Tanah Rencong ialah kloter enam yang mencapai 62 orang.

"Jemaah haji kloter enam tiba pada Senin (1/8) sekitar pukul 21.21 WIB di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM) Aceh Besar," kata Tajri.

Dia mengatakan di antara 2.022 orang yang diberangkatkan ke Arab Saudi, hanya 1.998 yang kembali ke tanah air. Sementara itu, empat lainnya meninggal dunia di Arab Saudi.

Jemaah yang meninggal adalah Muslim bin Abdul Wahab Salam (51) dan Abdul Manaf bin Dahlan Abubakar (55) dari kloter satu serta Nurkharijah binti Muhammad Yunus (64) dan Intan Sani binti Abdullah (61) dari kloter lima.

Menurut Tajri, pada pemulangan jemaah haji pada 2022, Bandara SIM menerima kedatangan 1.567 jemaah dari Bandara King Abdul Aziz (JED), Jeddah. 

Sementara itu, 451 orang diberangkatkan melalui Bandara Prince Muhammad bin Abdul Aziz, Madinah.

"Alhamdulillah, fase pemulangan jemaah haji Aceh tahun ini telah selesai. Kami sudah menerima kepulangan 1.998 orang dari Arab Saudi," katanya.

Seluruh jemaah haji asal Aceh pulang ke tanah air. Ada beberapa yang jemaah yang harus dirawat karena kondisi kesehatan menurun.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News