2 Anak Buah Joni Botak Tewas, KKB Langsung Menebar Propaganda

2 Anak Buah Joni Botak Tewas, KKB Langsung Menebar Propaganda
Jubir TPNPB Sebby Sembon menyebar hoaks, menyebut anggota KKB yang tewas masih remaja. FOTO: ANTARA/HO-dokumen Satgas Ops Nemangkawi Polri

jpnn.com, TIMIKA - Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) melalui juru bicara Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) Sebby Sambom telah menyebar berita palsu atau hoaks.

Kapolres Mimika AKBP I Gusti Era Adinata mengatakan, berita bohong menyebut ada remaja anggota KKB yang tewas ditembak aparat di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua.

"Faktanya, dua orang KKB yang tewas dalam kontak senjata dengan aparat TNI-Polri, dan dapat dipastikan keduanya telah berusia dewasa. Berdasarkan info lapangan bahwa terdapat dua orang yang tewas dalam kejadian kontak tersebut, yakni Ferry Ellas (35) dan Heri Yakob Newegalem (26), anggota KKB pimpinan Joni Botak,” katanya dalam keterangan tertulis yang diterima di Timika, Selasa (2/3).

Sebelumnya, Sebby Sambom memberi keterangan di salah satu media daring lokal tentang salah satu anggota KKB yang tewas ditembak aparat adalah remaja Yasko Nebekalem (17) dalam kontak tembak di Mile 53 PT Freeport Indonesia, Kabupaten Mimika.

Polisi memastikan dua KKB yang dilumpuhkan bernama Ferry Ellas dan Heri Yakob Newegalem.

Kapolres mengatakan, data itu berdasarkan hasil pencocokan wajah daftar pencarian orang (DPO) KKB dengan kedua jenazah.

Tidak hanya wajah, atribut kedua pelaku dalam foto mirip dengan jenazah yang ditemukan di lokasi kontak tembak.

"Dari identifikasi gambar ditemukan kemiripan antara jenazah pelaku dengan foto Ferry Ellas dan itu berdasarkan pencocokan atribut yang digunakan oleh pelaku baik pakaian yang digunakan, jam, kalung, anting, postur tubuh dan wajah," katanya.

Dua anggota KKB anak buah Joni Botak tewas dalam baku tembak dengan aparat TNI-Polri.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News