2 Chef Qatar Belajar Kuliner Tradisional ke Tiga Kota di Indonesia 

2 Chef Qatar Belajar Kuliner Tradisional ke Tiga Kota di Indonesia 
Chef asal Qatar ikut merasakan bagaimana kehidupan dan makanannya. Foto dok. Kemendikbudristek

jpnn.com, JAKARTA - Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi menggelar kegiatan pertukaran budaya bidang kuliner dengan Qatar.

Pertukaran kebudayaan Indonesia-Qatar itu dilakukan melalui program Culinary Journey, yaitu kegiatan dalam rangkaian program pertukaran budaya tahunan Qatar-Indonesia 2023 Year of Culture.

Kegiatannya sudah dilaksanakan di 3 wilayah tanah air, di antaranya Kota Jayapura Papua 19-24 Juni, Kota Medan Sumatera Utara pada 24 – 27 Juni, dan Bali 27 Juni – 2 Juli 2023. 

Dua chef asal Qatar, Hassan Abdullah Alibrahim dan Noof Al Marri secara langsung mengikuti proses pembuatan kuliner asli tanah air secara tradisional, sekaligus  mengenalkan kuliner khas dari negara mereka.

Di Papua, chef  asal Qatar diajak ke kampung yang terletak di perbatasan antara Papua dan Papua Nugini, yakni Skouw Sae. Di mana penduduknya masih merawat kearifan lokal dengan merawat makanan khas mereka yaitu Sagu. 

Dan di Kota Medan dua chef asal Qatar dan chef ternama Indonesia keluaran MasterChef Indonesia mendalami serta dimanjakan dengan keunikan kuliner khas hasil peleburan berbagai budaya seperti Melayu, Tiongkok, India, Aceh, Minang, Jawa serta tradisional Batak. 

Chef Qatar juga disuguhkan makanan tradisional Medan yang legendaris seperti Putu Bambu Sudi. Selain itu, melakukan cooking demo Sago Qatar, puding tapioka tradisional Qatar yang dibumbui dengan kapulaga hijau, kunyit, dan air mawar.

Di Bali, dua Chef Qatar dalami budaya yang dipadukan dengan adat dan agama di Taman Soekasada Ujung. Tradisi Megibung yang dikenalkan oleh Raja Karangasem. Ini tak lain adalah tradisi yang menumbuhkan rasa kebersamaan dengan mengesampingkan status sosial ini diteruskan hingga kini dan biasa dilakukan saat ada upacara adat dan keagamaan.

2 Chef Qatar belajar kuliner tradisional 3 daerah jadi target. Daerah mana sajakah?

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News