2 Film Iko Uwais Tayang Perdana di Amerika

2 Film Iko Uwais Tayang Perdana di Amerika
Iko Uwais. Getty Images

jpnn.com - DUA film Indonesia, The Raid 2: Berandal dan Killers diputar perdana di Sundance Film Festival 2014. Bahkan, The Raid 2: Berandal yang merupakan sekuel The Raid: Redemption masuk daftar film yang paling ditunggu-tunggu dalam festival yang berlangsung di Utah, Amerika Serikat, 16-26 Januari 2014 itu.

”Ini suatu kebanggaan. Mungkin, kebanggaan lebih dari sebelumnya,” ujar Iko Uwais, bintang utama film besutan Gareth Evans itu, di Lotte Shopping Avenue, Jakarta Selatan, Kamis (12/12).

Itu bukan film pertama Iko yang menghiasi Sundance Film Festival. Tahun lalu, The Raid: Redemption pun diputar di Negeri Paman Sam. ”Pastinya bukan saya saja, semua tim yang terlibat pasti bangga,” katanya. Suami Audy itu tidak menyangka film yang dibintanginya mendapat respon positif dari pecinta film mancanegara. Menurutnya, hak tayang The Raid 2: Berandal sudah dibeli Sony Pictures Worldwide Acquisitions.

Selain di Amerika Serikat, film yang dibuat versi bahasa Inggris dan Spanyol-nya itu akan tayang di negara-negara Amerika Latin. Untuk pendistribusian di Inggris dan Kanada, Alliance yang membeli hak edarnya. Koch Media untuk wilayah berbahasa Jerman, Korea Screen untuk Korea Selatan, dan HGC untuk di Tiongkok. Sementara di Indonesia, film itu baru bisa disaksikan Maret 2014. ”Tujuh bulan syuting sepertinya terbayar,” ucap Iko diiringi senyum.

Film yang juga dibintangi tiga aktor ternama Jepang yakni Ryuhei, Kenichi Endo, dan Kazuki Kitamura itu berbeda dari film sebelumnya. Jika film pertama menyuguhkan adegan laga dari awal hingga akhir cerita, sekuelnya menghadirkan drama para pemainnya. ”Yang beda, di sini ada segi dramanya juga. Dari ujung cerita sampai akhir lebih ada level, dan alurnya naik perlahan," terang Iko yang berlakon sebagai Rama.

Melihat kesuksesan film sebelumnya, Iko optimis film terbarunya akan menjadi film laga terbaik tahun depan. ”Alhamdulillah, setahu saya, dari semenjak film The Raid keluar, saya sangat optimis sama film kedua ini. Insyallah optimis," tuturnya. ”Saya nggak begitu berekspektasi yang muluk, berjalan saja. Tetapi saya optimis pada film ini karena lebih kompleks dari segi ceritanya,” sambung mantan atlet taekwondo itu.

Jika The Raid 2: Berandal menjadi salah satu dari 17 film yang masuk kategori world premiere atau film yang ditunggu dunia dalam Sundance Film Festival 2014, Killers yang merupakan film kerjasama Indonesia-Jepang itu akan diputar dalam Park City at Midnight di festival yang sama. Di Indonesia dan Jepang, film yang dibintangi Oka Antara, Kazuki Kitamura, Luna Maya, Rin Takanashi, dan Ray Sahetapy itu akan dirilis Februari 2014.

”Tampil di festival film internasional di luar ekspektasi saya. Ini pengalaman luar biasa sepanjang karir saya,” ungkap Oka. Aktor yang didapuk sebagai pemeran utama bernama Bayu, merasa kerja kerasnya selama proses produksi yang dikomandoi Mo Brothers itu tidak sia-sia. ”Syutingnya memang lama, peran saya di setiap adegan ada,” terangnya yang berperan sebagai jurnalis.

DUA film Indonesia, The Raid 2: Berandal dan Killers diputar perdana di Sundance Film Festival 2014. Bahkan, The Raid 2: Berandal yang merupakan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News