2 Kombinasi Hebat untuk Atasi Depresi

2 Kombinasi Hebat untuk Atasi Depresi
Ilustrasi. Foto: AFP

jpnn.com - LONDON – Meditasi dan olahraga selama ini dianggap ampuh mengatasi depresi. Namun, depresi ternyata lebih mudah diatasi jika seseorang melakukan meditasi dan olahraga berbarengan.

Penelitian baru yang dipublikasikan dalam jurnal Translational Psychiatry menemukan, responden yang bermeditasi lalu melakukan olahraga dua kali seminggu selama dua bulan 40 persen lebih sedikit gejala depresi.

Peneliti mengikuti 52 laki-laki dan 22 perempuan yang mengalami depresi klinis. Selain itu, ada 30 responden yang tidak mengalami depresi saat mereka menjalani latihan dan program meditasi.

Peserta secara khusus diminta untuk bermeditasi selama 30 menit. Setelah itu, mereka menjalani olahraga selama 30 menit. Lalu, mereka menjawab pertanyaan tentang keadaan emosional.

"Saya tidak terkejut bahwa kombinasi meditasi dan olahraga membantu orang mengatasi depresi namun saya terkejut dengan seberapa besar perubahan kondisi mental dari orang-orang yang mengalami klinis depresi," kata penulis utama studi Dr. Brandon L. Alderman seperti dilansir laman Glamour, Rabu (9/3) kemarin. (fny/jos/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News