2 Mantan Wapres Ikut Mengusulkan dr Rubini jadi Pahlawan Nasional

2 Mantan Wapres Ikut Mengusulkan dr Rubini jadi Pahlawan Nasional
Usulan Kowani agar dr Rubini dapat menjadi pahlawan nasional. ANTARA/HO-Dokumentasi Pribadi

jpnn.com - JAKARTA - Kongres Wanita Indonesia (Kowani) dan sejumlah tokoh nasional mengirim surat kepada Presiden Jokowi, meminta agar dr Rubini dapat disetujui menjadi Pahlawan Nasional.

Wakil Presiden RI keenam Tri Sutrisno dan Wakil Presiden kesembilan Hamzah Haz ikut mendorong agar dokter Rubini ditetapkan sebagai pahlawan nasional.

Dalam surat tersebut Pemprov Kalbar, Masyarakat Sejahrawan Indonesia, Ikatan Dokter Indonesia Pusat dan Ikatan Dokter Indonesia Kalbar, dan IPSM juga turut mendukung.

Surat tertanggal 31 Oktober 2022 itu ditandatangani Ketua Umum Kowani Dr Ir Giwo Rubianto Wiyogo MPd dan Sekjen Titien Pamudji SIP.

"Tahun ini Kowani mendukung pencalonan dr Rubini sebagai Pahlawan Nasional dengan pertimbangan beliau dari Kalimantan Barat pada masa perang dunia kedua antara tahun 1941-1945," ujar Giwo di Jakarta, Kamis.

Dijelaskan di dalam surat bahwa dr Rubini semasa hidupnya ikut berjuang melindungi perempuan dan anak serta memperjuangkan kemerdekaan sampai akhir hayat.

Dokter Rubini merupakan seorang pejuang di bidang kesehatan jiwa, kesehatan umum serta sosial kemasyarakatan yang sangat prihatin akan banyaknya korban kasus kekerasan dan kejahatan seksual terhadap perempuan anak.

Dokter Rubini telah mengajak segenap tokoh masyarakat di wilayah Kalimantan Barat untuk bersatu padu melawan penjajah guna mencapai Kemerdekaan Indonesia.

Namun, menurut Kowani, rencana tersebut tidak terlaksana karena kemudian pihak Jepang membunuh dr Rubini dan istrinya serta para pejuang lainnya di Mandor, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat.

Jalan dr Rubini di Mempawah

Nama dr Rubini sudah diabadikan sebagai nama jalan di Kabupaten Mempawah. Juga dibuat diorama nama Rumah Sakit Pemerintah di Mempawah yang bertaraf internasional di Mandor Kabupaten Landak.

Sebagai bentuk penghargaan, nama dr Rubini juga diabadikan sebagai nama jalan di Provinsi Kalimantan Barat termasuk di Kota Bandung, Jawa Barat, yang merupakan asal dr Rubini.

Makam Juang Mandor merupakan situs sejarah terdapat diorama dr Rubini bersama ribuan masyarakat dikubur secara masal.

Surat Kowani kepada Presiden Jokowi juga menjelaskan bahwa usulan permohonan dr Rubini menjadi Pahlawan Nasional telah dibahas di Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Pahlawan ( TP2GP) tingkat Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat.

Juga sudah dibahas di TP2GP tingkat pusat dan telah diajukan ke Presiden Jokowi. (antara/jpnn)

Kowani kirim surat kepada Presiden Jokowi, mengusulkan dr Rubini ditetapkan menjadi pahlawan nasional. Siapakah Dokter Rubini?


Redaktur & Reporter : Soetomo Samsu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News