2 Misi Fajar Alfian / Muhammad Rian Ardianto di Indonesia Open 2019

2 Misi Fajar Alfian / Muhammad Rian Ardianto di Indonesia Open 2019
Fajar Alfian (kiri) dan Muhammad Rian Ardianto. Foto: Badminton Indonesia

jpnn.com, JAKARTA - Ganda putra Indonesia peringkat tujuh dunia Fajar Alfian / Muhammad Rian Ardianto memikul misi dobel dalam Indonesia Open 2019 yang berlangsung di Istora Senayan 16-21 Juli.

Selain menjadi kunci mewujudkan all Indonesian final, Fajar / Rian juga harus bisa mengerek peringkat. Maklum, awal bulan ini, menjelang turnamen level super 1000 itu, ranking mereka di BWF malah turun.

Setelah Piala Sudirman, Fajar / Rian terdepak dari lima besar. Kini, mereka anjlok ke peringkat tujuh. Tergusur oleh pasangan Tiongkok Han Chengkai / Zhou Haodong. Itu tidak lepas dari penampilan buruk mereka pada Australian Open 2019 lalu. Digadang-gadang juara, Fajar/Rian langsung tumbang pada babak pertama.

Selisihnya tidak jauh. Han / Zhou di posisi keenam mengumpulkan 69.657 poin. Sedangkan Fajar / Rian 67.155 poin. Nah, jika di Indonesia Open mereka mampu menembus minimal empat besar, mereka bakal mendapat tambahan 10.200 poin. Cukup untuk naik satu setrip lagi. Atau bahkan kembali ke lima besar jika Hiroyuki Endo / Yuta Watanabe apes tidak mampu lebih jauh dari babak pertama.

Meski begitu, soal peringkat yang turun tidak membuat pasangan berjuluk FajRi itu galau. Mereka lebih berfokus pada target pribadi. Yakni, melaju lebih jauh daripada dua edisi terakhir. Pada 2017 dan 2018, mereka selalu kandas di semifinal. ''Tapi dilihat dari drawing, berat juga. Kami coba main yang terbaik dulu. Kami harus gimana dijalani dulu satu per satu," papar Fajar.

Diunggulkan di posisi keenam, Fajar / Rian bakal ditantang pasangan Tiongkok Huang Kai Xiang / Liu Cheng. Mereka baru dipasangkan di Indonesia Open. Peluang FajRi untuk mengalahkan mereka sangat besar.

Fajar Alfian / Muhammad Rian Ardianto akan menghadapi ganda Tiongkok Huang Kai Xiang / Liu Cheng di babak pertama Indonesia Open 2019.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News