2 Nelayan Cilacap Menemukan Ribuan Amunisi Sisa PD II, Begini Kronologinya

2 Nelayan Cilacap Menemukan Ribuan Amunisi Sisa PD II, Begini Kronologinya
Dua orang sedang mengecek ribuan amunisi yang ditemukan di Alur Perairan Dermaga PT SBI Desa Bonsayur, Kecamatan Cilacap, Sabtu (15/7/2023). ANTARA/HO-Dinas Penerangan Koarmada II TNI AL

jpnn.com - JAKARTA - Sebanyak dua nelayan tradisional di Cilacap, Jawa Tengah, Sabtu (15/7), menemukan ribuan amunisi yang diduga sisa Perang Dunia II. 

Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Cilacap di bawah Komando Armada II menerima laporan dari dua nelayan tradisional yang menemukan ribuan amunisi tersebut.

"Dua nelayan tradisional bernama Mukmin (35) dan Surono (45) menemukan ribuan amunisi di alur perairan dermaga PT SBI Desa Bonsayur, Kecamatan Cilacap, Sabtu (15/7)," kata Kadispen Koarmada II Kolonel Laut (P) Widyo Sasongko dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu (16/7).

Widyo menjelaskan kronologi ditemukannya ribuan amunisj tersebut berawal dari dua nelayan yang sedang melakukan penyelaman di lokasi penemuan.

Keduanya lalu menemukan amunisi berkaliber 12,7 mm dan 7,62 mm di perairan di dermaga PT SBI.

Selain itu, juga ditemukan lempengan besi di sekitar kapal besi tenggelam yang diduga bekas kapal perang pada Perang Dunia II.

Barang yang dikumpulkan dari temuan itu berupa peluru dalam kondisi serbuk amunisi yang sudah dibuang dan antara selongsong dan proyektil terpisah.

Laporan tersebut kemudian ditindaklanjuti pada Minggu (16/7). Lanal Cilacap bersama Underwater Documentary Team (UDT) Puskopaska melaksanakan pengamanan di area lokasi temuan.

2 nelayan tradisional di Cilacap, Jawa Tengah, menemukan amunisi yang diduga sisa Perang Dunia II.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News