Amunisi dan Kompetensi Erick Thohir Terbukti, Cawapres Sempurna untuk Ganjar

Amunisi dan Kompetensi Erick Thohir Terbukti, Cawapres Sempurna untuk Ganjar
Duet Ganjar Pranowo dan Erick Thohir menjadi pasangan Capres dan Cawapres di Pilpres 2024. Foto: ANTARA/HO-tim erick thohir

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik dari Universitas Djuanda, Gotfridus Goris Seran menyebut Menteri BUMN Erick Thohir sebagai calon wakil presiden (cawapres) potensial untuk Ganjar Pranowo.

Hal ini lantaran menteri andalan dan kepercayaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut memiliki banyak bekal jika diusung sebagai calon orang nomor dua pada kontestasi demokrasi mendatang.

Seran mengatakan bekal pertama yang dimiliki oleh Erick Thohir adalah elektabilitas cawapres. Ketum PSSI itu diketahui memiliki elektabilitas tinggi sebagai cawapres berdasarkan hasil berbagai lembaga survei.

“Pertama, pertimbangan elektabilitas. Sejumlah survei menunjukkan bahwa Erick Thohir memiliki elektabilitas tertinggi jika dibandingkan dengan beberapa figur potensial lain,” kata Seran kepada wartawan, Senin (3/7).

Selain memiliki elektabilitas yang tinggi, Seran menjelaskan Erick Thohir merupakan sosok yang memiliki kapabilitas mumpuni sebagai seorang pemimpin.

Menurutnya, cawapres dalam Pemilu 2024 harus mempunyai kemampuan yang mumpuni sehingga bisa menjadi pasangan yang paripurna ketika disandingkan dengan capres.

“Kedua, pertimbangan kapabilitas kandidat (candidate-oriented). Figur yang diusung parpol atau koalisi sebagai cawapres dalam Pemilu 2024 mesti mempunyai kemampuan yang mumpuni sehingga dapat menjadi pasangan yang paripurna ketika disandingkan dengan capres,” kata Seran.

Seran menekankan jika Erick Thohir adalah sosok cawapres potensial yang lahir dari aspirasi masyarakat. Dukungan masyarakat ini lahir berkat kerja nyata yang telah dilakukan oleh Eks Presiden Inter Milan tersebut di Kementerian BUMN dan PSSI.

Erick Thohir disebut sebagai cawapres potensial bagi Ganjar Pranowo karena memiliki amunisi dan kompetensi yang terbukti.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News