2 Penerbangan Kembali Mengudara dari dan ke Bandara Pranoto

2 Penerbangan Kembali Mengudara dari dan ke Bandara Pranoto
Beberapa pesawat sedang terparkir. Foto Ilustrasi/jpnn.com

jpnn.com, SAMARINDA - Bandara Aji Pengeran Tumenggung (APT) Pranoto kembali melayani penerbangan dari dan ke Samarinda.

Pada Rabu (28/11) lalu, APT Pranoto kembali melayani dua rute penerbangan baru, yaitu Samarinda-Berau dan Samarinda - Makassar.

Untuk rute penerbangan Berau-Samarinda, dilayani oleh maskapai nasional Wings Air, penerbangan perdana tersebut telah terlaksana dengan baik.

Untuk rute penerbangan Makassar-Samarinda, dilayani oleh maskapai nasional Batik Air.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Polana B. Pramesti menyambut gembira kedua penerbangan perdana tersebut. Polana mengatakan, APT Pranoto merupakan pengganti Bandara Temindung yang sudah tidak bisa dikembangkan lagi.

Runway-nya terbatas, selalu banjir ketika musim hujan dan berada di lokasi padat pemukiman sehingga rawan bagi keselamatan dan keamanan penerbangan.

“Bandara APT Pranoto hadir untuk melayani kebutuhan transportasi udara masyarakat Samarinda dan sekitarnya, serta mempercepat perkembangan dan pemerataan ekonomi di wilayah Kalimantan Timur. Dengan adanya penerbangan langsung dari sini, memangkas waktu perjalanan 2 sampai 3 jam dibandingkan bila harus terbang dari Balikpapan," jelas Polana.

Sebelumnya beberapa maskapai telah beroperasi di Samarinda, yaitu Garuda Indonesia dan Batik Air melayani rute langsung ke Jakarta, Travel Express melayani Samarinda-Berau PP 7x seminggu, Samarinda-Melak PP 7x seminggu.

Pada Rabu lalu APT Pranoto Samarinda kembali melayani dua rute penerbangan baru.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News