2 Program Andalan Ganjar Pranowo Menekan Kemiskinan di Jateng

2 Program Andalan Ganjar Pranowo Menekan Kemiskinan di Jateng
Komitmen Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo untuk menurunkan angka kemiskinan di Jawa Tengah terus berlanjut. Foto dok Pemprov Jateng

jpnn.com, JAKARTA - Komitmen Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo untuk menurunkan angka kemiskinan di Jawa Tengah terus berlanjut.

Ganjar memprioritaskan perempuan rentan, anak, dan disabilitas dalam upaya pembangunan dan pengembangan daerah.

Sebab, kelompok rentan dinilai perlu mendapat perhatian khusus dan prioritas dalam persoalan kemiskinan di Jateng.

“Setiap Musrenbang di Jateng, kelompok perempuan dan anak serta disabilitas saya dahulukan. Inilah tindakan afirmasi dalam pengambilan keputusan,” ujar Ganjar seperti dikutip dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Selasa (21/2).

Diketahui perempuan dan anak-anak termasuk dalam kelompok rentan karena ketika hidup dalam kemiskinan, keduanya seringkali menjadi korban yang paling terdampak.

Oleh karena itu, upaya mengurangi kemiskinan dan memperkuat dilakukan dengan membangun kemandirian ekonomi kelompok rentan sangat penting.

Ganjar pun menggagas dua inovasi untuk dua kelompok rentan tersebut, yakni 'Sekolah Perempuan Cerdas Zaman Now' atau 'Serat Kartini' dan 'Ceting Ketan', yang merupakan singkatan dari "Mencegah Stunting pada Kelompok Rentan'.

Serat Kartini menyasar perempuan berstatus kepala keluarga, penyintas Covid-19, korban kekerasan, korban bencana, penyandang disabilitas, PGOT, bahkan kategori ODHA. Inovasi ini memberdayakan perempuan kelompok rentan lewat jaring pelatihan wirausaha.

Komitmen Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo untuk menurunkan angka kemiskinan di Jawa Tengah terus berlanjut.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News