2 Universitas ini Kunjungi Program CSR Pertamina Patra Niaga Regional JBB di Karawang

2 Universitas ini Kunjungi Program CSR Pertamina Patra Niaga Regional JBB di Karawang
Mahasiswa Universiti Teknologi MARA Malaysia dan Universitas Buana Perjuangan Pesona mengunjungi Walahar Creative Destination (NAWACITA), yang merupakan salah satu Program CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat (JBB) pada Sabtu (24/2). Foto dok Pertamina Patra Niaga Regional JBB

jpnn.com, KARAWANG - Mahasiswa Universiti Teknologi MARA Malaysia dan Universitas Buana Perjuangan Pesona mengunjungi Walahar Creative Destination (NAWACITA), yang merupakan salah satu Program CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat (JBB) pada Sabtu (24/2).

Nawacita merupakan program pemberdayaan masyarakat berbasis edu-ekowisata dan energi terbarukan dengan pemberdayaan ekonomi pemuda dan masyarakat rentan yang berfokus pada pengembangan ekonomi kreatif dan potensi desa wisata yang memperhatikan aspek kelestarian lingkungan.

Pada acara tersebut, 30 orang mahasiswa dan dosen pendamping mendapatkan penjelasan terkait penggunaan energi bersih melalui solar panel dan biogas sebagai energi alternatif untuk mendukung keberlangsungan kegiatan UMKM yang berada di Danau Cinta dan diajak berkeliling mengunjungi UMKM yang ada di Program NAWACITA, serta membuat kerajinan Enceng Gondok.

Wakil Rektor IV Universitas Buana Perjuangan, Puji Isyanto mengatakan kunjungan ini merupakan salah satu rangkain kegiatan student exchange Universiti Teknologi MARA Malaysia bekerjasama dengan Universitas Buana Perjuangan.

"Para mahasiswa melihat langsung kegiatan UMKM yang ada di Kabupaten Karawang, khususnya yang ada di Danau Cinta di mana kita dapat melihat bagaimana UMKM dapat berkembang dengan memanfaatkan potensi yang ada dan dukungan berbagai pihak termasuk Pertamina dan diharapkan dapat memperoleh masukan positif untuk menambah pengetahuan," ujar Puji.

Aisyah salah satu dosen pendamping dari Universitas Teknologi MARA Malaysia menyampaikan acara ini merupakan bentuk kerja sama dengan Universitas Buana Perjuangan dengan tujuan melihat praktik kewirausahaan di Indonesia.

“Saya berharap dapat berkunjung lagi ke Danau Cinta yang tempatnya sangat cantik, nyaman dan menarik dengan dikelilingi pemandangan area persawahan serta tersedia berbagai variasi makanan yang menjadi pusat kegiatan UMKM yang ada disini dan juga terdapat hasil kerajinan yang dibuat oleh masyarakat sekitar Danau Cinta sebagai daya tarik utama," kata Aisyah.

Terpisah, Area Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat, Eko Kristiawan mengungkapkan sejalan dengan visi Pertamina Patra Niaga untuk menjadi perusahaan berkelanjutan, kegiatan yang ada dalam Program NAWACITA ini turut berkontribusi pada Sustainable Development Goals (SDGs).

Pertamina berkomitmen dalam mendukung target Net Zero Emission 2060 dengan terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada capaian SDGs.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News