20 Pelabuhan Utama Berbenah

20 Pelabuhan Utama Berbenah
20 Pelabuhan Utama Berbenah
JAKARTA-Dalam menghadapi perdagangan bebas, pemerintah sedang menggodok rencana penerapan National Single Window (NSW) di pelabuhan utama di Indonesia. Pemerintah menargetkan paling tidak 20 pelabuhan utama yang akan memiliki sistem NSW. Saat ini Kementerian Perhubungan sedang mengkaji pelabuhan utama mana saja yang bisa menjalankan NSW.

"Kita tunggu saja angka pastinya dari Kementerian Perhubungan," ujar Deputi Menko Perekonomian bidang Industri dan Perdagangan, Edy Putra Irawady di Jakarta, Rabu (3/2).  Diterapkankan NSW pada 20 pelabuhan di Indonesia dalam menghadapi perdagangan bebas, lantaran pelabuhan-pelabuhan tersebut paling siap secara infrastruktur dan kelengkapan administrasi.

Fasilitas yang dimaksud antara lain administrator pelabuhan, imigrasi, bea cukai, dan karantina, hardware inilah yang menjadi syarat untuk mendukung NSW di pelabuhan. Data Kementerian Perhubungan menyebutkan, terdapat sekitar 20 pelabuhan utama di Indonesia. Antara lain di pulau Sumatra ada pelabuhan Belawan, Dumai, Teluk Bayur, Boom Baru, dan Panjang. Di Pulau Jawa dan Bali, pelabuhan Tanjung Priok, Tanjung Perak, pelabuhan Cirebon, Banten, Tanjung Emas, dan Tanjung Intan.

Sedangkan Kalimantan, ada pelabuhan Pontianak, Banjarmasin, Mekar Putih, dan Balikpapan. Sulawesi, yaitu pelabuhan Makasar dan Bitung. Nusa Tenggara, ada pelabuhan Tenau di Kupang. Untuk kawasan Maluku, terdapat pelabuhan Ambon serta pelabuhan utama di Papua antara lain Jayapura, Manokwari, Sorong, Biak, Fakfak.

JAKARTA-Dalam menghadapi perdagangan bebas, pemerintah sedang menggodok rencana penerapan National Single Window (NSW) di pelabuhan utama di Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News