20 Perempuan Jadi Korban Setiap Menit, Stop KDRT Sekarang!

20 Perempuan Jadi Korban Setiap Menit, Stop KDRT Sekarang!
Nicole Kidman menyinggung soal isu KDRT dalam pidato kemenangannya di ajang Emmy Awards 2017. Foto: AP

jpnn.com - Lewat perannya sebagai Celeste Wright dalam Big Little Lies, Nicole Kidman sukses menyabet Emmy Awards sebagai Aktris Terbaik pada Minggu malam waktu setempat (17/9).

Dalam pidatonya, Kidman mengaku bersyukur karena kemenangannya akan membuat dunia lebih peduli pada KDRT alias kekerasan dalam rumah tangga yang menjadi isu utama dalam miniseries yang ditayangkan HBO itu.

Di atas panggung, Kidman mengaku bersyukur diberi kesempatan untuk menjadi Celeste Wright dalam Big Little Lies. Sebab, lewat aktingnya, dia bisa menyampaikan pesan penting kepada masyarakat tentang KDRT.

Khususnya KDRT dari kacamata perempuan yang menjadi korban. Kendati lelaki juga berpotensi menjadi korban KDRT, sejauh ini sebagian besar korban KDRT adalah kaum hawa.

’’(KDRT, Red) itu begitu rumit. Itu penyakit yang sangat berbahaya dan bertahan di dalam diri kita jauh lebih lama daripada waktu yang kita sadari,’’ ungkapnya.

Saat Kidman berbicara tentang KDRT di panggung Emmy Awards, jumlah korban KDRT di seluruh dunia bertambah. Berdasar data National Coalition Against Domestic Violence (NCADV), setiap menit 20 perempuan menjadi korban KDRT di seluruh dunia.

KDRT yang berujung kematian menyumbangkan sedikitnya 38 persen kasus pembunuhan di tingkat internasional.

Salah satu yang masih hangat dibicarakan publik Amerika Serikat (AS) adalah kasus pembunuhan seorang guru perempuan oleh kekasihnya.

Statistik KDRT masih sangat memprihatinkan. Sedikitnya 38 persen kasus pembunuhan di dunia adalah akibat KDRT

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News