20 Persen Kuota CPNS Tidak Terserap

20 Persen Kuota CPNS Tidak Terserap
PNS. Foto: Dok

jpnn.com - JAKARTA--Hasil tes kompetensi dasar (TKD) sudah diumumkan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) dan Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Namun dari kuota 65 ribu CPNS (25 ribu pusat dan 40 ribu daerah) yang disiapkan pemerintah, 20 persennya tidak terserap.

Hal ini menurut Deputi SDM Aparatur KemenPAN-RB Setiawan Wangsaatmaja, tidak terserapnya seluruh formasi karena kemampuan pelamar yang tidak merata. Dia mencontohkan di beberapa instansi pusat ada yang formasinya kosong dan ada yang penuh.

Begitu juga dengan instansi di daerah. Untuk wilayah Jawa dan Bali, umumnya formasinya terserap penuh. Sedangkan di luar Jawa banyak yang tidak terserap.

"Bahkan ada beberapa provinsi di wilayah timur yang kabupaten/kotanya contohnya Maluku dan Maluku Utara  tidak terisi formasinya karena tidak memenuhi passing grade," ungkap Setiawan di kantornya, Selasa (24/12).

Dia menambahkan, jika dibandingkan pengadaan CPNS 2012, ada peningkatan kualitas untuk pelaksanaan tahun ini. Apalagi tahun lalu seleksi CPNS hanya dilaksanakan 46 instansi, sedangkan tahun ini sekitar 526 instansi pusat dan daerah.

"Kualitas CPNS tahun ini tidak jauh beda dengan tahun lalu. Apalagi tahun ini jumlah soalnya lebih banyak dibanding 2012. Kalau yang terserap hanya sekitar 80 persen karena faktor kemampuan masing-masing daerah berbeda-beda," tandasnya. (esy/jpnn)


JAKARTA--Hasil tes kompetensi dasar (TKD) sudah diumumkan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) dan Badan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News