200 Peserta Ikuti GP Ansor Gowes Jakarta-Bekasi, Tapak Tilas Perjuangan Ulama

200 Peserta Ikuti GP Ansor Gowes Jakarta-Bekasi, Tapak Tilas Perjuangan Ulama
GP Ansor menggelar agenda Gowes 90 Km di Jakarta, Minggu (21/04/2024). Foto: ANTARA/HO-GP Ansor

jpnn.com, BEKASI - Sebanyak 200 peserta mengikuti GP Ansor sepeda bersama atau gowes Jakarta-Bekasi sepanjang 90 km, Minggu (21/4/2024).

Gowes itu dimulai dari Jakarta dan berakhir di Pondok Pesantren Al-Baqiatussholihat, Cibarusah, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat

Kegiatan bersepeda santai ini digelar untuk menyambut hari lahir ke-90 GP Ansor.

Ketua Umum GP Ansor Addin Jauharudin mengatakan kegiatan gowes ini sebagai tanda Ansor akan mengayuh Indonesia Emas 2045.

Bersepeda merupakan olahraga yang dapat mengatur barisan, irama dan sesuai dengan rutenya. Dengan gowes ini sebagai napak tilas perjuangan ulama terdahulu dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia," kata Addin.

"Para santri dan kiai berjuang dengan kendaraan seadanya, senjata seadanya kita tancapkan melalui gowes dari kantor Ansor ke Cibarusah. Dengan gowes kita akan merasakan keperihan perjuangan ulama dahulu," ucap Addin.

Pada kesempatan itu, Ketua GP Ansor dan pengurus lainnya melanjutkan ziarah kubur KH Ma'mun Nawawi, seorang ulama dan pahlawan dari Kabupaten Bekasi.

"Kami mempunyai tradisi berbangsa dan bernegara salah satunya adalah menjaga warisan leluhur ziarah, kemudian tradisi, kemudian yang berasimilasi dengan budaya yang selama ini jadi pondasi ketenteraman masyarakat," ujar Addin.

Sebanyak 200 peserta mengikuti GP Ansor sepeda bersama atau gowes Jakarta-Bekasi sepanjang 90 km, Minggu (21/4/2024).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News