2012, Targetkan 8 Juta Wisatawan

2012, Targetkan 8 Juta Wisatawan
2012, Targetkan 8 Juta Wisatawan
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreaktif (Menparekraf) Mari Elka Pangestu menargetkan delapan Juta wisatawan mancanegara mengunjungi Indonesia pada Tahun 2012. Kunjungan wisatawan sebanyak itu diharapkan memasukkan devisa USD8,96 Miliar. Sementara target untuk Wisatawan Nusantara sebesar Rp171,5 Triliun.

Mari mengaku optimis target tersebut akan tercapai karena sektor pariwisata tahan terhadap krisis. "Ketika Tahun 2009 lalu terjadi krisis ekonomi global, sektor pariwisata di Indonesia tetap tumbuh meski jumlahnya sangat kecil. Ini menunjukan bahwa pariwisata tahan terhadap krisis dan dapat menjadi sumber pertumbuhan perekonomian nasional," kata Mari Elka Pangestu saat jumpa pers akhir Tahun di kantornya, Kamis (29/12).

Mari Elka memaparkan, berdasarkan estimasi wisatawan mancanegara yang datang ke Indonesia tahun 2011 mencapai 7,6 juta orang, melebihi target Renstra 7,1 juta orang. Angka itu kata dia, naik 8,5 persen dibandingkan Tahun 2010.

Untuk perolehan devisa pariwisata tahun 2011, diperkirakan sebesar USD 8,5 Miliar, atau tumbuh 11,8 persen dibanding tahun lalu yang mencapai angka nominal USD 7,6 Miliar. "Meningkatnya perolehan devisa pariwisata tahun ini seiring dengan meningkatnya pengeluaran Wisatawan Mancanegra perkunjungan pada tahun ini," ujarnya.

JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreaktif (Menparekraf) Mari Elka Pangestu menargetkan delapan Juta wisatawan mancanegara mengunjungi Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News