2013, Kemlu Fokus Lindungi WNI di Luar Negeri

2013, Kemlu Fokus Lindungi WNI di Luar Negeri
2013, Kemlu Fokus Lindungi WNI di Luar Negeri
JAKARTA - Menteri Luar Negeri (Menlu) Marty Natalegawa memaparkan sejumlah hal yang menjadi fokus diplomasi pemerintah Indonesia di tahun 2013. Fokus utama adalah meningkatkan perlindungan WNI dan TKI di luar negeri.

"Setiap permasalahan yang dihadapi WNI di luar negeri menjadi prioritas tanpa terkecuali apapun. Sifat dan permasalahannya mulai dari kasus hukum hingga perlindungan dari bencana alam atau instabilitas politik," kata Marty dalam jumpa pers di kantor Kementerian Luar Negeri (Kemlu), Jakarta, Jumat (4/1).

Perlindungan WNI memprioritaskan tiga aspek yaitu pencegahan, deteksi dan perlindungan. Untuk aspek pencegahan, Marty mengklaim bahwa langkah-langkah yang diambil pemerintah selama ini terbukti berhasil.

Hal ini terlihat dari menurunnya jumlah pelaporan kasus yang dihadapi WNI di luar negeri hingga 50% di tahun 2012. "Dari 38.880 kasus di tahun 2011 menjadi 19.218 kasus pada tahun 2012 atau 0.43% dari keseluruhan WNI di luar negeri," ungkap Marty.

JAKARTA - Menteri Luar Negeri (Menlu) Marty Natalegawa memaparkan sejumlah hal yang menjadi fokus diplomasi pemerintah Indonesia di tahun 2013. Fokus

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News