2015, Pelindo III Bangun Fasilitas Curah Kering di Teluk Lamong

2015, Pelindo III Bangun Fasilitas Curah Kering di Teluk Lamong
2015, Pelindo III Bangun Fasilitas Curah Kering di Teluk Lamong. Foto: Istimewa

jpnn.com - SURABAYA – PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III bakal segera membangun fasilitas curah kering di Terminal Teluk Lamong tahun 2015 mendatang. Rencananya fasilitas dermaga curah cair bakal mulai dibangun di terminal pelabuhan berkonsep pelabuhan hijau (Green Port) pertama di Indonesia.

“Saat ini tahapan persiapan dimulainya pekerjaan pembangunan dermaga curah kering sepanjang 250 meter untuk tahap awal di terminal Teluk Lamong. Rencananya pembangunan dermaga tersebut akan mulai dikerjakan pada Januari tahun 2015," ungkap Kepala Humas Pelindo III Edi Priyanto dalam siaran persnya, Sabtu (27/12).

Perseroan memprediksi pembangunan dermaga curah kering dapat diselesaikan selama satu tahun, sehingga pada tahun 2016 dermaga yang memiliki kedalaman -14 mLWS tersebut telah siap untuk digunakan sandar kapal yang mengangkut curah kering internasional.

Edi menambahkan, pada dermaga curah kering sepanjang 250 meter tersebut nantinya akan dipasang dua unit Ship Unloader dengan dilengkapi fasilitas conveyor dan wirehouse. Pada tahap awal gudang curah kering akan dibangun di atas tanah seluas +8 hektar.

Sementara pada tahap pengembangan berikutnya, dermaga curah kering Terminal Teluk Lamong bakal tersedia dermaga mencapai 500 meter dengan dilengkapi empat unit Ship Unloader dengan total luas terminal curah kering hingga mencapai +26 hektar, dengan didukung +36 hektar back up area dengan kapasitas hingga 20 ribu ton.

Di mana dalam pengoperasian kegiatan curah kering ini, Pelindo III menggandeng PT Nusa Prima Logistik sebagai mitra strategis dalam menjalankan bisnis curah kering tersebut. PT Nusa Prima Logistik merupakan gabungan dari PT FKS Multi Agro, PT Charoen Pokhpand Indonesia dan Japfa Comfeed yang bergerak pada industri bahan makanan dan makanan ternak. Adapun penggabungan tiga perusahaan besar tersebut dilakukan untuk memperoleh 70 persen pasar di Indonesia.

"Bentuk keseriusan jalinan kerjasama tersebut telah dilakukan penandatanganan perjanjian kerjasama di gedung Sampoerna Agency, Jakarta pada tanggal 23 Desember 2014 lalu," katanya. (chi/jpnn)


SURABAYA – PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III bakal segera membangun fasilitas curah kering di Terminal Teluk Lamong tahun 2015 mendatang.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News