2019, Kementan Rehabilitasi 67 Ribu Hektare Irigasi Tersier

2019, Kementan Rehabilitasi 67 Ribu Hektare Irigasi Tersier
Ilustrasi irigasi. Foto: Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (Ditjen PSP) Kementerian Pertanian (Kementan) masih menggalakkan program rehabilitasi jaringan irigasi.

Mereka akan melakukan rehabilitasi jaringan irigasi tersier seluas 67.037 hektare pada 2019.

Direktur Jenderal PSP Pending Dadih Permana mengatakan, program rehabilitasi jaringan irigasi yang saat ini sedang gencar dilakukan oleh pemerintah sangat dirasakan oleh para petani.

Dia menjelaskan, efek yang langsung dirasakan petani ialah adanya penambahan indeks tanam yang tadinya hanya bisa sekali setahun menjadi dua kali atau lebih.

Dadih menambahkan, pada waktu jeda, petani tetap memanfaatkan air yang ada dengan menanam tanaman lain.

Misalnya, palawija atau tanaman hortikultura lain dengan memanfaatkan lahan kosong dan ketersediaan air irigasi.

"Jaringan irigasi juga menambah luas layanan sawah yang terairi. Dengan volume yang sama, air yang dialirkan dapat mengairi sawah lebih luas karena air tersebut terdistribusi secara efisien," jelas Dadih, Selasa (15/1).

Menurut PP No 23 tahun 1992 Tentang irigasi, jaringan irigasi terdiri dari tiga tingkatan. Yakni, irigasi primer, sekunder, dan tersier.

Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (Ditjen PSP) Kementerian Pertanian (Kementan) masih menggalakkan program rehabilitasi jaringan irigasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News