2020, Indonesia Sudah Bisa Ikut Tentukan Tren Warna Dunia

2020, Indonesia Sudah Bisa Ikut Tentukan Tren Warna Dunia
Corporate Creative Innovation Director MTIC Kilala Tilaar saat presentasi di Intercolor. Foto: Istimewa

jpnn.com, JAKARTA - Selama ini, Indonesia selalu mengikuti tren dunia yang dikeluarkan oleh Intercolor. Namun sekarang, Indonesia bisa ikut menentukan tren warna dunia yang dimulai untuk 2020. Indonesia diwakili oleh Martha Tilaar Innovation Centre (MTIC) di tahun 2018 telah resmi diterima menjadi anggota Intercolor.

Intercolor adalah sebuah platform yang diiniasiasi oleh pakar warna internasional yang dibentuk pada tahun 1963 dan beranggotakan kelompok ahli warna dari berbagai disiplin, mewakili asosiasi nasional dan konsultan yang bekerja untuk pemain global dalam industri kosmetik, otomotif, tekstil, fashion dan desain produk. Intercolor merupan lembaga yang sangat independen.

Corporate Creative Innovation Director MTIC Kilala Tilaar mengatakan, tidak mudah untuk masuk menjadi anggota Intercolor yang terdiri dari 16 negara dari Eropa, Amerika dan Asia. 

Namun berkat presentasi Kilala Tilaar, MTIC-nya berhasil menyakinkan para anggota Intercolor yang berasal dari USA, Perancis, Jepang, Korea, China, Swiss, Inggris, Finlandia, Spanyol, Portugal, Italia, Hungaria, Thailand, Jerman, Turki, Denmark. Begitu banyak negara ingin bergabung menjadi anggota Intercolor tapi tidak mudah. 

”Indonesia melalui MTIC adalah negara ke 17. Begitu kami datang untuk presentasi dan kita serahkan buku bahwa kita ini ternyata telah menggeluti warna sejak 48 tahun silam, dan bahwa bisnis kita bukan melulu mencari untung. Tapi juga tanggap terhadap isu lingkungan. Memperhatikan bagaimana kelangsungan hidup dan perkembangan untuk masyarakat luas. Mereka baru mulai melihat,” ungkap Kilala Tilaar saat ditemui di kantornya di kawasan Industri Pulogadung, Jakarta Timur.

Indonesia, kata Kilala, akan semakin dikenal karena memiliki banyak sekali budaya, sumber alam Indonesia yang bisa dijadikan inspirasi warna dunia. Dengan masuknya Indonesia ke organisasi Intercolor, maka ini akan mempunyai dampak positif  bagi perkembangan industri kosmetik Indonesia yang berpenduduk 270 juta jiwa. Nantinya melalui MTIC, akan menyerap energi Indonesia untuk dituangkan dalam bentuk warna-warna yang akan diusulkan ke Intercolor.

Lalu seperti apa tren warna dunia tahun 2019? Untuk tren warna dunia secara umum akan dibagi menjadi tema dan musim tertentu. 

Untuk Indonesia sendiri biasanya lebih pas mengadaptasi warna dunia untuk spring summer yang jika detilkan menjadi beberapa tema dengan color shades yang bermacam macam macam yaitu after glow, overveil, shades of blue, red and green.

Indonesia diwakili Martha Tilaar Innovation Centre (MTIC) dipastikan sudah bisa ikut menentukan tren warna dunia, dimulai untuk 2020.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News