2023, Pemkab Kudus Kembali Membuka Lowongan PPPK Tenaga Kesehatan

2023, Pemkab Kudus Kembali Membuka Lowongan PPPK Tenaga Kesehatan
Sejumlah PPPK di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, selesai masa orientasi dan dinyatakan lulus. (ANTARA/Akhmad Nazaruddin Lathif)

jpnn.com - KUDUS - Pemerintah Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, kembali membuka lowongan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja atau PPPK formasi tenaga kesehatan pada 2023.

Pasalnya, sejumlah lowongan PPPK formasi tenaga kesehatan yang dibuka pada 2022 belum terisi semua, sehingga kembali dibuka pada 2023 ini.

“Penyebabnya beragam, di antaranya, ada yang sudah mendaftar tetapi belum memenuhi persyaratan dan ada pula yang tidak ada pendaftarnya sama sekali," kata Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Kudus Putut Winarno di Kudus, Rabu (4/1).

Menurut dia, mayoritas pelamar formasi kesehatan tidak lolos persyaratan masa pengalaman kerja,  sehingga tak lolos seleksi administrasi. 

Putut Winarno mengungkapkan bahwa dari 88 lowongan yang dibuka hanya 77 yang terisi. "Sebelas lowongan untuk formasi tenaga kesehatan yang belum terisi itu di antaranya dokter umum sebanyak empat lowongan, dokter gigi satu lowongan, serta lowongan lain seperti sanitarian hingga epidemologi," kata dia.

Untuk pengisian tenaga di bidang kesehatan tersebut, maka 2023 lowongan akan kembali dibuka. "Jumlah formasi juga akan diperbanyak karena akan diambilkan dari alokasi formasi guru yang rencananya akan dikurangi," ujarnya.

Pada 2022, lanjut dia, Kabupaten Kudus menerima alokasi lowongan PPPK sebanyak 514 formasi. Adapun formasi terbanyak, yakni guru 411 lowongan, kemudian tenaga kesehatan, dan terendah untuk tenaga teknis.

Khusus lowongan guru diprioritaskan untuk eks tenaga honorer kategori dua, guru non-ASN, lulusan pendidikan profesi guru (PPG) , serta guru swasta.

Pemerintah Kabupaten Kudus, Jateng, membuka lowongan PPPK tenaga kesehatan pada 2023 ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News