2,3 Juta Penduduk Dunia Tewas karena Garam

2,3 Juta Penduduk Dunia Tewas karena Garam
2,3 Juta Penduduk Dunia Tewas karena Garam
LONDON -- Hasil sebuah penelitian yang dilakukan para peneliti dari Brigham dan Rumah Sakit Wanita, Harvard Medical School serta Harvard School of Public Health mengungkapkan, garam berkontribusi atas 2,3 juta kematian akibat stroke, serangan jantung maupun penyakit kardiovaskular lainnya secara global pada 2010. Ini artinya, garam menyumbang sekitar 15 persen dari semua kematian di dunia.

Para peneliti menganalisis hasil dari 247 survei yang diberikan kepada orang dewasa mengenai asupan sodium. Dariush Mozaffarian dan tim ingin menentukan konsumsi natrium serta pengaruhnya pada risiko penyakit kardiovaskular. Melalui analisis meta-dari 107 percobaan prospektif, mereka menemukan peningkatan asupan natrium mempengaruhi tekanan darah yang dapat menjadi penyebab utama sejumlah penyakit kardiovaskuler (CVDs).

Seperti dilansir Medical News Today, Sabtu (23/3), studi sebelumnya di BMJ telah menegaskan bahwa konsumsi garam yang tinggi jauh lebih besar untuk terkena serangan stroke kedua dan CVDs. Laporan tersebut menyarankan pengurangan asupan garam untuk mengurangi prevalensi CVDs.

40 persen atau hampir satu juta kematian dialami orang-orang di bawah usia 69 tahun. Penyebab utama kematian adalah serangan jantung 42 persen diikuti stroke 41 persen. Pria lebih banyak kena serangan daripada perempuan dengan prosentasi 60 persen berbanding 40 persen.

LONDON -- Hasil sebuah penelitian yang dilakukan para peneliti dari Brigham dan Rumah Sakit Wanita, Harvard Medical School serta Harvard School of

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News