25 Persen Warga Pendukung Ahok Berpotensi Alihkan Dukungan

25 Persen Warga Pendukung Ahok Berpotensi Alihkan Dukungan
Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama. Foto: dok jpnn

jpnn.com - JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama alias Ahok tidak hanya terancam ditinggal salah satu partai pendukungnya. Sebagian dari warga yang mendukungnya juga berpotensi pindah ke lain hati alias mengalihkan dukungan ke calon gubernur lain. 

Menurut peneliti SMRC Sirojudin Abbas, jumlah massa pendukung Ahok yang belum solid cukup banyak. "Seperempat pendukung Ahok, berpotensi mengubah dukungan. Mereka adalah yang sebelumnya telah menyatakan mendukung Ahok. Mereka juga disebut pendukung lemah Ahok," ujar Sirojudin saat menjadi pembicara diskusi di Jakarta, Kamis (18/8).

Sirojudin mengatakan, potensi kelompok pendukung itu meninggalkan Ahok akan semakin besar ketika ada sosok lawan yang seimbang. "Kalau ada lawan yang bekerja baik dan seimbang dengan Ahok, dukungan kepada Ahok bisa bergeser," ujarnya. 

Dia pun mengungkapkan sejumlah faktor yang berpotensi mengikis elektabilitas Ahok. Selain faktor latar belakang etnis dan agama, Ahok juga terkesan tidak peduli kepada rakyat kecil.

"Ahok elitis. Dia punya problem disitu. Juga ada kesan Ahok, kurang bersih (secara hukum).  Kalau isu itu terus dikipas, tidak penting itu benar atau tidak, akan sangat berpengaruh," ujar Sirojudin. (dai/dil/jpnn)


JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama alias Ahok tidak hanya terancam ditinggal salah satu partai pendukungnya. Sebagian dari warga yang


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News