25 Tahun Silam Dicium di Depan Gerbang Sekolah

25 Tahun Silam Dicium di Depan Gerbang Sekolah
Bu Harni (kiri) dan Bambang Priyoasmoro di sela acara reuni. Foto: sam/JPNN

jpnn.com - “TADI Bu Gurumu ke sini”. Itulah kalimat yang didengar Bambang Priyoasmoro begitu dia sampai di rumahnya, setelah seharian bekerja menjadi sopir pengangkut tebu. Kalimat yang disampaikan orang tuanya itu, 25 tahun silam, masih terasa tebal di ingatannya hingga saat ini.

Saat itu, 1991, jelang ujian akhir SMA. Bambang, siswa kelas 3 di SMAN 1 Purwodadi, Grobogan, Jateng, sudah beberapa hari tidak sekolah. 

Kondisi ekonomi yang memaksanya bekerja sebagai sopir truk pengangkut tebu, yang disetor ke luar daerah. 

Bu Harni, panggilan akrab guru Bimbingan Penyuluhan di SMAN 1 Purwodadi, tampaknya sudah “memantau” aktivitas Bambang. Saat evaluasi belajar tahap akhir akhir (Ebta) Bambang absen.

Bu Harni berupaya menjemput Bambang ke rumahnya, di daerah Ngaringan, sekitar 40 Km dari Purwodadi. Yang dicari ternyata tidak di rumah. Bu Harni hanya meninggalkan secarik kertas yang dititipkan ke ortu Bambang.

Isi surat “merayu” agar Bambang mau datang ke sekolah ikut Ebta, meski susulan. “Saat itu, seteleh baca surat Bu Harni, saya merenung, iya iya, saya sudah sekolah tiga tahun, tinggal ujian,” cerita Bambang, saat hadir di acara Reuni Perak Ikatan Alumni SMAN 1 Purwodadi Angkatan 1991, di lapangan basket sekolah tersebut, Kamis (7/7).

Esoknya Bambang ke sekolah. Tapi, pintu gerbang tertutup rapat. Satpam melarangnya masuk. Tidak selang lama, Bu Harni datang menjemput Bambang yang berada di luar pagar.

“Saat itu saya langsung dipeluk dan dicium Bu Harni,” cerita Bambang, dengan suara parau, kepada JPNN di sela-sela acara reuni.

“TADI Bu Gurumu ke sini”. Itulah kalimat yang didengar Bambang Priyoasmoro begitu dia sampai di rumahnya, setelah seharian bekerja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News