25 Truk untuk Angkut Enceng Gondok

25 Truk untuk Angkut Enceng Gondok
Enceng gondok yang dibersihkan oleh petugas. FOTO : Jawa Pos

jpnn.com, SIDOARJO - Enceng gondok yang ''menghiasi'' permukaan Sungai Pelayaran sepanjang 2 kilometer sudah dibersihkan oleh petugas Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Sidoarjo. Hingga hari ini, tahap pembersihan terus dilanjutkan hingga aliran sungai kembali normal.

Juru Perairan Sungai Pelayaran Ghofar menyatakan, normalisasi sungai sebenarnya akan dilakukan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Brantas. Namun, tanggal pelaksanaan belum diketahui. ''Mau dikeruk kabarnya," katanya. 

Ghofar menyebut sudah ada inisiatif untuk memberikan semprotan yang dapat membusukkan tanaman tersebut. Namun, hal itu tak segera dilakukan lantaran menunggu dikeruk. ''Sudah kami belikan obatnya," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Operasional dan Pemeliharaan Dinas PUPR Sidoarjo Agus Hidayat menjelaskan, peran dinas hanya memelihara Sungai Pelayaran. Normalisasi sungai tersebut menjadi wewenang BBWS. Namun, pihaknya terus berkoordinasi dan bersinergi untuk saling membantu. ''Saat ini kami bisa angkut semua enceng gondoknya," ucapnya.

Agus menyebut butuh 25 truk untuk mengangkut enceng gondok. Tahap pembersihan tidak bisa dilakukan dalam satu hari saja. ''Pintu air yang rusak bisa kami betulkan. Tapi, tak lupa kami koordinasi juga dengan BBWS," paparnya. Dia berharap Sungai Pelayaran dapat berfungsi sebagai irigasi dan PDAM. Dengan begitu, para petani dapat memanfaatkan air dari aliran sungai tersebut. (oby/c17/ai) 

Ghofar menyebut sudah ada inisiatif untuk memberikan semprotan yang dapat membusukkan tanaman tersebut.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News