250 Perguruan Tinggi di Amerika Serikat Beralih ke Menu Berbasis Nabati, Indonesia Kapan?

250 Perguruan Tinggi di Amerika Serikat Beralih ke Menu Berbasis Nabati, Indonesia Kapan?
Sudah saatnya kantin, restoran beralih pada menu makanan berbasis nabati. Foto dok. Nutrisi Esok Hari

jpnn.com, JAKARTA - Ada perubahan mindset di kalangan perguruan tinggi dunia soal menu makanan. Pada Febuari 2022, hampir tiga perempat perwakilan Serikat Mahasiswa Universitas Cambridge memilih menu 100% berbasis nabati di kampus mereka. 

Capaian tersebut dirayakan para mahasiswa sebagai langkah signifikan menuju keadilan iklim untuk semua orang di bumi.

Saat ini, mereka mulai menegosiasikan transisi menuju menu katering berbasis nabati dengan bantuan program Plant-Based Universities yang diinisiasi oleh organisasi untuk keadilan hewan dan iklim, Animal Rebellion.

Menurut Manajer Program Nutrisi Esok Hari di Indonesia Among Prakosa, program Plant-Based Universities juga mulai diterapkan satuan pendidikan dan institusi publik di tanah air dengan menyajikan makanan yang lebih ramah lingkungan.

"Di Indonesia, ada enam institusi dengan lebih dari 500 siswa di tiga provinsi yang berkomitmen untuk menyajikan menu 100% berbasis nabati setidaknya satu hari dalam seminggu," kata Among Prakosa dalam keterangannya, Kamis (2/3).

Dia menjelaskan setelah berdialog dengan Nutrisi Esok Hari pada 2021, tiga institusi telah menyajikan menu 100% berbasis nabati. Setidaknya satu hari dalam seminggu, dengan jumlah sajian 18.506 menu makanan berbasis nabati. 

Tiga institusi lainnya akan mulai mengimplementasikan komitmen tersebut di tahun ini. Secara keseluruhan diperkirakan 65.054 menu makanan berbasis hewani akan dialihkan ke pilihan yang lebih berkelanjutan dan lebih sehat. 

"Kemajuan tersebut merupakan contoh bagaimana perubahan kecil dapat berdampak besar bagi bumi dan kesehatan manusia," ujarnya.

Sebanyak 250 Perguruan Tinggi di Amerika Serikat beralih ke menu berbasis nabati, Indonesia kapan?

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News