26 Napi Terima Remisi Khusus Imlek, Terbanyak dari Kalbar

26 Napi Terima Remisi Khusus Imlek, Terbanyak dari Kalbar
Koordinator Humas dan Protokol Ditjenpas Kemenkumham Rika Aprianti. ANTARA/M Fikri Setiawan

jpnn.com - JAKARTA - Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Ditjenpas Kemenkumham) memberikan remisi khusus Imlek 2574 Kongzili kepada 26 dari 42 narapidana beragama Konghucu di seluruh Indonesia. Sebanyak satu orang di antara narapidana itu langsung bebas setelah mendapat remisi satu bulan.

Untuk diketahui, remisi merupakan pengurangan masa pidana yang diberikan kepada narapidana maupun anak yang telah memenuhi syarat berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Aturan mengenai pemberian remisi diatur dalam Undang-Undang RI Nomor 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan dan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 32 Tahun 1999 tentang Syarat dan Tata Cara Pelaksanaan Hak Warga Binaan Pemasyarakatan.

Dalam aturan itu disebutkan narapidana yang mendapatkan remisi telah memenuhi persyaratan administratif dan substantif sesuai ketentuan misalnya berkelakuan baik, aktif mengikuti program pembinaan, dan telah menunjukkan penurunan tingkat risiko.

Koordinator Humas dan Protokol Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kemenkumham Rika Aprianti mengatakan pemberian remisi merupakan wujud apresiasi negara kepada narapidana yang telah berusaha dan menunjukkan perubahan perilaku yang lebih baik.

"Satu orang di antaranya menerima remisi khusus II (langsung bebas) seusai mendapat remisi satu bulan," kata Rika di Jakarta, Minggu (22/1).

Dia menjelaskan khusus remisi Imlek 2023, penerima paling banyak berasal dari Kalimantan Barat, yakni sembilan narapidana.

Kemudian, Bangka Belitung tujuh narapidana, Banten tiga napi. Sisanya, berasal dari dari Jawa Tengah, DKI Jakarta, Jambi, Jawa Timur, dan Sumatera Utara.

Remisi Imlek 2023, penerima paling banyak berasal dari Kalimantan Barat, yakni sembilan narapidana.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News