29 NOVEMBER 2015: Keliling Pabrik Coklat ala Willy Wonka di Phillip Island

29 NOVEMBER 2015: Keliling Pabrik Coklat ala Willy Wonka di Phillip Island
29 NOVEMBER 2015: Keliling Pabrik Coklat ala Willy Wonka di Phillip Island
n/a

Pabrik cokelat di Phillip Island ini unik. Bak pabrik cokelat seperti di kisah "Willy Wonka and The Chocolate Factory", atraksi dan ruang pamer di pabrik cokelat ini membuat pengunjung senang.

detikcom dan RCTI, atas undangan Australia Plus ABC International, berkesempatan masuk ke Panny's Phillip Island Chocolate Factory pada September 2015 lalu. Mengikuti tur singkat museum pabrik cokelat itu, kami 'disambut' oleh sebatang pohon kakao buatan. Pengunjung lantas diperkenalkan mengenai asal usul cokelat yang berasal dari pohon kakao, bentuk buah kakao hingga biji kakao. Buah dan biji kakao yang dipamerkan benar-benar asli, tak seperti pohonnya.

29 NOVEMBER 2015: Keliling Pabrik Coklat ala Willy Wonka di Phillip Island
Salah satu atraksi pabrik colkat ini adalah perkampungan mini yang seluruhnya terbuat dari coklat.

 

Di ruangan berikutnya, ditunjukkan bagaimana mengolah biji kakao itu menjadi bahan baku cokelat antara lain dengan disangrai, kemudian dipisahkan antara kulit ari dengan bijinya, ditumbuk menjadi bubuk hingga menjadi pasta atau yang disebut "cocoa liquor". Kemudian, dari cocoa liquor ini ditekan hingga keluar cocoa butter, dan ampasnya disebut cocoa cake.

Ditunjukkan pula bahan baku untuk membuat cokelat yaitu cocoa butter yang dipadatkan, gula dan soya lecithin. Bahan-bahan itu dimasak, dicetak, dipotong dan kemudian dikemas.

Menariknya, alat-alat sangrai, pemisah kulit ari dan biji, penggiling dan penghancur biji kakao, hingga alat tekan dipamerkan betulan di pabrik ini, sehingga pengunjung, terutama anak-anak bisa belajar dan melakukan simulasi bagaimana memproduksi cokelat dari biji hingga dikemas, dengan cara yang menyenangkan.

Pabrik cokelat yang memiliki slogan "Panny’s Amazing World of Chocolate" ini juga menunjukkan patung atau lukisan yang terbuat dari cokelat, hingga lukisan mosaik yang terbuat dari 12.000 potong cokelat truffle aneka warna!

n/aPabrik cokelat di Phillip Island ini unik. Bak pabrik cokelat seperti di kisah "Willy Wonka and The Chocolate Factory", atraksi dan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News