3 Bulan, Ekonomi Indonesia Tumbuh 6,2 Persen

3 Bulan, Ekonomi Indonesia Tumbuh 6,2 Persen
3 Bulan, Ekonomi Indonesia Tumbuh 6,2 Persen
JAKARTA — Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada triwulan II-2010 dibandingkan dengan triwulan yang sama periode sebelumnya, mengalami pertumbuhan sekitar 6,2 persen. Sementara secara kumulatif, pertumbuhan ekonomi Indonesia semester I-2010 dibandingkan periode sebelunya, tumbuh sebesar 5,9 persen.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik, tercatat besar Product Domestic Bruto (PDB) atas dasar harga berlaku pada triwulan II-2010 mencapai Rp1.572,4 triliun. Sedangkan PDB atas dasar harga konstan 2000 pada triwulan yang sama adalah Rp573,7 triliun.

Kepada wartawan, Kamis (5/8), Deputi bidang neraca dan analisis statistik BPS, Slamet Utomo, menjelaskan bahwa tiga sektor penyumbang pertumbuhan tertinggi adalah sektor pengangkutan dan komunikasi, sektor listrik, gas dan air bersih, serta sektor jasa-jasa. Sementara itu, pertumbuhan PDB pada triwulan II_2010 dibandingkan dengan triwulan I-2010 sebesar 2,8 persen ditopang oleh pengeluaran konsumsi rumah tangga yang meningkat sebesar 1,2 persen.

"Pengeluaran konsumsi pemerintah juga meningkat 23,5 persen. Ini disebabkan karena ada pembayaran gaji ke-13 dan kenaikan gaji lima persen yang mulai dibayarkan pada Juni," jelas Slamet.

JAKARTA — Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada triwulan II-2010 dibandingkan dengan triwulan yang sama periode sebelumnya, mengalami pertumbuhan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News