Disayangkan, BI-Pemerintah Tak Kompak Soal Redenominasi

Disayangkan, BI-Pemerintah Tak Kompak Soal Redenominasi
Disayangkan, BI-Pemerintah Tak Kompak Soal Redenominasi
JAKARTA — Pengamat ekonomi dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Latif Adam mengatakan bahwa penyederhanaan nilai Rupiah atau redenominasi bukanlah hal baru dalam menata kembali perekonomian. Bahkan beberapa negara lain sudah pernah berhasil melakukannya.

Untuk Indonesia, redenominasi mungkin saja dilakukan karena penggunaan Rupiah saat ini memang kurang efisien. "Bila dibandingkan dengan Malaysia, Australia dan negara-negara tetangga, dalam proses transaksi kita memang tidak efesien. Misalnya untuk mendapatkan barang kita harus bawa segepok uang di dompet. Untuk mengambil uang di ATM juga perlu waktu lama," kata Latif pada wartawan, Rabu (4/8) di Jakarta.

Karena itulah, kata Latif, alasan BI mewacanakan redenominasi demi efesiensi transaksi wajar dilakukan. Selain untuk lebih mengefesienkan proses transaksi baik Perbankan maupun pasar, redenominasi juga demi efisiensi sistem Akuntansi.

"Kalau dari sisi ide, saya setuju dan saya akui (redenominasi) bagus. Karena tujuannya memang untuk lebih mengefisienkan proses transaksi," katanya.

JAKARTA — Pengamat ekonomi dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Latif Adam mengatakan bahwa penyederhanaan nilai Rupiah atau redenominasi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News