Menkeu Anggap Redenominasi Sebatas Wacana BI

Pemerintah Tak Akan Bahas Redenominasi

Menkeu Anggap Redenominasi Sebatas Wacana BI
Menkeu Anggap Redenominasi Sebatas Wacana BI
JAKARTA - Penyederhanaan nilai Rupiah dengan melakukan pemotongan nilai Rupiah atau redenominasi, tampaknya hanya akan menjadi wacana milik Bank Indonesia (BI) saja. Sebab, Pemerintah hingga saat ini belum ada rencana melakukan redenominasi. Bahkan untuk membahasanya saja, pemerintah tidak mengagendakannya.

Menteri Keuangan (Menkeu) Agus Martowardojo menegaskan, redenominasi hanya sebatas wacana dari BI saja. "Ini wacana yang disampaikan BI, karena mereka yang melakukan study. Kita dari pihak Pemerintah belum ada rencana itu. Kita belum ada pembahasan atau konsultasi soal itu," kata Agus Martowardojo pada wartawan, Rabu (4/8) di kantor Kemenkeu.

Lebih lanjut Agus mengatakan, redenominasi merupakan wacana yang dikeluarkan BI setelah ada kajian awal. Karena sifatnya hanya berupa kajian, maka belum tentu nantinya akan dilaksanakan menjadi sebuah kebijakan.

"Itu hanya sebuah study dari BI dan belum final. Menurut mereka (BI) itu tidak mempengaruhi perekonomian secara khusus, tapi belum ada kita lakukan konsultasi. Karena wacana, itu artinya sesuatu yang masih lama sekali. Kita Pemerintah tidak ada rencana," tegas Agus lagi.

JAKARTA - Penyederhanaan nilai Rupiah dengan melakukan pemotongan nilai Rupiah atau redenominasi, tampaknya hanya akan menjadi wacana milik Bank

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News