3 Cara Mengatasi Jerawat dengan Bahan Alami

3 Cara Mengatasi Jerawat dengan Bahan Alami
Jerawat. Foto Familinia

jpnn.com - Biasanya, ketika berobat ke dokter mengenai jerawat, dokter akan merekomendasikan antibiotik ataupun pengobatan topikal tertentu. Akan tetapi, ada beberapa cara alami yang bisa Anda lakukan, untuk mengatasi jerawat, yakni:

1. Mengoleskan tea tree oil

Menurut studi yang diluncurkan di “Indian Journal of Dermatology, Venereology and Leprology”, disebutkan bahwa mengoleskan gel tea tree oil empat kali sehari terbukti efektif mengurangi derajat keparahan jerawat dan enam kali lebih efektif untuk mengurangi jerawat dibandingkan plasebo.

Selain itu, tea tree oil juga bisa menjadi alternatif obat jerawat benzoil peroksida yang sering kali menimbulkan keluhan kulit kering, iritasi, dan rasa terbakar.

Meski bisa mempercepat penyembuhan jerawat, penggunaan tea tree oil pada beberapa orang juga bisa memicu iritasi dan risiko alergi.

2. Teh hijau

Berdasarkan penelitian yang dimuat di “Journal of Bioscience and Bioengineering”, teh hijau mengandung flavonoid dan tanin yang dapat mengatasi peradangan dan infeksi bakteri penyebab jerawat.

Sementara itu, teh hijau juga tinggi kandungan antioksidan epigallocatechin-3-gallate (EGCG) yang dapat mengurangi peradangan, mengurangi produksi minyak di kulit, dan menghambat pertumbuhan bakteri P. acnes penyebab jerawat.

Ada beberapa cara alami yang bisa Anda coba lakukan untuk mengatasi masalah jerawat.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News