JPNN.com

Makanan Manis Memicu Jerawat Muncul?

Senin, 24 Juni 2019 – 09:13 WIB Makanan Manis Memicu Jerawat Muncul? - JPNN.com

jpnn.com - Salah satu masalah kulit yang umum dan paling sering dikeluhkan adalah jerawat. Kondisi ini biasanya muncul di sekitar wajah, dada atau punggung. Tingkatannya bisa bervariasi, mulai dari yang ringan seperti komedo, hingga tingkatan yang lebih parah seperti bintik-bintik yang berisi kista dan nanah.

Pada umumnya, jerawat disebabkan oleh produksi minyak berlebih pada kulit yang bikin pori-pori tersumbat. Jika kondisi tersebut dibarengi dengan kebersihan yang kurang terjaga dan kondisi hormon yang tidak stabil, risiko munculnya jerawat menjadi lebih tinggi lagi.

Tak hanya itu, makanan manis yang mungkin sering Anda konsumsi sehari-hari juga bisa memicu munculnya jerawat, lo! Ini karena makanan manis atau mengandung banyak gula bisa mengakibatkan sejumlah gejala berikut:

1. Peradangan

Menurut penelitian, makanan yang mengandung gula dapat menyebabkan hilangnya antioksidan yang bertugas menjaga kesehatan kulit. Inilah yang menyebabkan kulit lebih rentan terserang infeksi bakteri, yang juga menyebabkan kulit meradang sehingga muncul jerawat.

2. Menstimulasi hormon androgen

Anda mungkin tidak menyangka bahwa mengonsumsi makanan manis terlalu sering dapat memicu produksi hormon androgen. Ini adalah hormon yang dapat memicu kelenjar minyak untuk bekerja lebih keras. Sebagai akibatnya, produksi minyak akan sangat berlebih. Hal ini yang akhirnya membuat kotoran, debu dan bahan asing lebih mudah menempel dan menyumbat pori-pori kulit.

Selain itu, hormon androgen juga mempercepat produksi sel kulit baru yang menyebabkan penumpukan sel kulit mati pada lapisan kulit terluar. Alhasil. kulit juga akan terlihat kusam.

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...