7 Cara Efektif Melawan Kecanduan Gula

7 Cara Efektif Melawan Kecanduan Gula
Ilustrasi gula. (Foto: google/jpnn)

jpnn.com - Sebagian besar orang tidak bisa menolak nikmatnya mengonsumsi makanan manis atau mengandung banyak gula. Apakah Anda salah satunya? Jika ya, sebaiknya segera kelola kebiasaan tersebut. Ini karena Anda bisa saja mengalami kecanduan gula dan berbagai dampak buruk yang bersembunyi di baliknya.

Sebagaimana dikatakan dr. Rio Aditya kepada KlikDokter, konsumsi gula berlebihan merupakan tindakan yang sebaiknya tidak Anda lakukan. Ini karena konsumsi gula yang tinggi dan secara terus-menerus bisa menyebabkan obesitas, diabetes, dan penyakit jantung.

"Gula masuk ke tubuh sebagai kalori untuk diproses menjadi energi. Nah, apabila tidak sepenuhnya digunakan, kalori tersebut akan menumpuk dan berubah menjadi lemak. Inilah mengapa orang yang banyak makan manis atau gula memiliki berat badan berlebih atau obesitas, yang merupakan salah satu faktor risiko penyakit jantung," ujar dr. Rio.

Mengatasi kecanduan gula

Mengetahui bahwa kecanduan gula adalah hal yang sangat berbahaya, Anda sebaiknya segera mengurangi konsumsi makanan atau minuman manis mulai saat ini. Adapun beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk itu, yakni:

1. Kurangi secara perlahan
Semua perubahan dilakukan secara bertahap. Oleh karena itu, Anda tidak perlu menghindari gula sama sekali. Akan lebih baik bila Anda menguranginya sedikit demi sedikit hingga akhirnya benar-benar tak lagi ketergantungan dengannya.

Jika Anda langsung menghindari gula sepenuhnya, hal tersebut malah bisa menyebabkan terjadinya stres. Bila sudah begini, tubuh akan menghidupkan mekanisme “fight or flight” dengan meningkatkan produksi hormon yang meningkatkan kadar gula darah dan menekan fungsi tubuh. Keadaan ini bisa berdampak buruk bagi kesehatan tubuh Anda.

2. Banyak minum air putih
Menurut ahli gizi kuliner dan penulis Super Cleanse, Adina Niemerow, CN, keinginan makan gula yang tinggi bisa menjadi tanda bahwa Anda sedang dehidrasi. Jadi, jika mulai ada tanda bahwa Anda ingin mengonsumsi yang manis-manis, lebih baik ambil segelas air putih.

Gula masuk ke tubuh sebagai kalori untuk diproses menjadi energi. Nah, apabila tidak sepenuhnya digunakan, kalori tersebut akan menumpuk dan berubah menjadi lemak.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News