3 Desa di Kudus Dilanda Longsor

3 Desa di Kudus Dilanda Longsor
Tim BPBD Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, bersama relawan dan masyarakat melakukan evakuasi material longsor yang menutup akses jalan desa. (ANTARA/HO-BPBD.)

jpnn.com - KUDUS - Sebanyak tiga desa di Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, dilanda bencana tanah longsor. Bencana itu berdampak pada rumah warga serta mengakibatkan akses jalan desa setempat tertimpa material longsoran.

Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kudus Munaji mengatakan bencana tanah longsor tersebut terjadi di Desa Rahtawu, Menawan dan Kedungsari, Rabu (22/2).

“Masing-masing tempat, peristiwa longsornya berbeda-beda waktunya, karena ada yang terjadi siang dan sore hari," kata Munaji di Kudus, Kamis (23/2).

Dia menjelaskan longsor di Desa Rahtawu terjadi pada talud penahan tebing di samping rumah warga dengan panjang sekitar 10 meter dengan tinggi 3 meter. Material longsornya menutup akses Jalan Desa Rahtawu-Semliro.

 Tim BPBD bersama warga dan para sukarelawan sudah ke tempat kejadian untuk melakukan evakuasi material longsor tersebut.

Sementara, peristiwa longsor di Desa Menawan terjadi di enam titik.

Sebanyak empat titik di antaranya terjadi pada rumah warga yang berada di dataran tinggi.

Dua titik longsor lainnya juga mengakibatkan akses jalan warga desa setempat tertutup material longsoran.

Bencana longsor yang terjadi, semuanya diawali dengan turunnya hujan deras dengan intensitas sedang hingga lebat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News