3 Faktor ini Memicu Munculnya Rasa Lapar Berlebih Setelah Berolahraga

3 Faktor ini Memicu Munculnya Rasa Lapar Berlebih Setelah Berolahraga
Lapar. Ilustrasi. Foto ximagination

jpnn.com - Olahraga dan nafsu makan yang terkontrol bisa dikatakan sebagai kunci dalam menurunkan berat badan. Namun entah kenapa, terkadang Anda justru mudah merasa lapar setelah berolahraga, sehingga niat menurunkan berat badan jadi kacau.

Faktor lain munculnya rasa lapar berlebih setelah olahraga

Akan tetapi, menurut dr. Nadia Octavia dari KlikDokter, jika Anda berolahraga secara berlebih, biasanya akan muncul pula niatan untuk makan banyak setelahnya sebagai upaya ‘balas dendam’. Dengan demikian, berlebih atau terlalu ringan dalam berolahraga memang dapat meningkatkan nafsu makan serta rasa lapar setelahnya.

Lalu, apakah kondisi mudah lapar setelah berolahraga hanya disebabkan oleh dua hal itu saja? Ternyata tidak. Masih ada lagi beberapa hal yang dapat memunculkan kondisi tersebut, yaitu:

1. Kurang makan

Ada baiknya, beberapa jam sebelum berolahraga Anda mengisi perut terlebih dahulu. Jika perut sudah kosong terlalu lama, setelah berolahraga, pasti Anda akan merasa sangat lapar dan cenderung akan mengonsumsi banyak kalori!

2. Dehidrasi

Ketika rasa lapar dan haus yang datang bersamaan, sebagian orang masih bingung harus mengatasi yang mana terlebih dahulu.

Jika olahraga yang dilakoni adalah jenis olahraga baru, aktivitas tersebut biasanya akan memengaruhi metabolisme dan rasa lapar.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News