JPNN.com

Mudah Lapar setelah Berolahraga, Apa Penyebabnya?

Kamis, 26 September 2019 – 04:08 WIB Mudah Lapar setelah Berolahraga, Apa Penyebabnya? - JPNN.com

jpnn.com - Olahraga dan nafsu makan yang terkontrol bisa dikatakan sebagai kunci dalam menurunkan berat badan. Namun entah kenapa, terkadang Anda justru mudah merasa lapar setelah berolahraga, sehingga niat menurunkan berat badan jadi kacau.

Padahal, olahraga itu menyehatkan, sayang sekali kalau justru dirusak nafsu makan yang tak terkontrol. Untuk menghindari hal ini, ada baiknya Anda kenali dulu penyebabnya.

Intensitas olahraga Anda kurang berat

Menurut dr. Nitish Basant Adnani BMedSc MSc dari KlikDokter, kondisi mudah lapar setelah berolahraga rupanya berkaitan dengan intensitas olahraga yang dilakoni. Olahraga dengan intensitas tinggi akan lebih banyak membakar kalori dibandingkan dengan berjalan santai.

Lalui, olahraga dengan intensitas tinggi lebih dapat menurunkan nafsu makan dibandingkan dengan intensitas ringan atau sedang. Artinya, jika Anda mudah merasa lapar setelah berolahraga, maka bisa jadi intensitas olahraga yang Anda lakoni belum cukup berat atau belum sesuai dengan kebutuhan kondisi fisik.

“Ketika sedang berolahraga berat, tubuh Anda akan lebih mengutamakan aliran darah ke jantung, otak, dan otot. Sementara itu, saluran pencernaan akan lebih sedikit mendapatkan pasokan darah,” jelas dr. Nitish.

“Semakin berat aktivitas olahraga yang dilakukan, maka akan semakin banyak darah yang diambil dari usus, dan semakin berkurang pula potensi seseorang untuk merasa lapar,” lanjutnya.

Durasi olahraga terlalu cepat

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...